Posisi Ketua DPRD Digantikan Ruri, Affiati: Ikhtiar Sudah, Tinggal Pasrah

Posisi Ketua DPRD Digantikan Ruri, Affiati: Ikhtiar Sudah, Tinggal Pasrah

Hj Affiati Spd--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Perjuangan panjang Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd melalui berbagai gugatan yang dilayangkan sebagai wujud ikhtiar untuk mempertahankan posisinya sebagai ketua DPRD, berakhir sudah.

Itu seiring dengan ditolaknya gugatan-gugatan yang dilayangkan. Mulai dari gugatan ke PN Jaksel dan Mahkamah Agung dengan tergugat Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan DPP secara kelembagaan, hingga gugatan Affiati terhadap produk keputusan lembaga DPRD ke PTUN Bandung yang juga tidak dikabulkan.

Belum lagi, ternyata SK Gubernur tentang pergantian Ketua DPRD, sebagaimana tindak lanjut dari SK DPP Gerindra sudah terbit, dan bahkan sudah diterima oleh lembaga DPRD.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd hanya bisa pasrah dengan semua perjuangannya. Dia pun belum bisa memutuskan langkah apa selanjutnya yang akan dilakukan.

"Kalau saya sih ngikutin aja alurnya seperti apa. Alur bagaimana ke depannya. Adapun terkait apakah ada upaya hukum lagi, itu tanyanya ke lawyer saya,” ungkap Affiati singkat.

Masih dikatakan Affiati, menyikapi perkembangan proses pergantian dirinya sebagai ketua DPRD, ia pun tak mau tergesa-gesa.

“Saya tidak mau tergesa-gesa. Tidak mau salah langkah. Kita lihat perkembangan situasi. Jadi saya lihat situasi dan kondisi dulu. Bagusnya seperti apa,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Fraksi Gerindra, yang juga calon pengganti Affiati sebagai Ketua DPRD, Ruri Tri Lesmana mengatakan, semua proses yang berjalan saat ini adalah perintah dan tugas dari partai kepada kadernya. Maka dari itu, sebagai kader partai, ia harus patuh dan siap melaksanakan tugasnya.

“Di rapat juga ada ibu Affiati. Saya sampaikan mohon maaf. Saya harus melaksanakan penugasan partai. Intinya, saya ditugaskan partai,” ungkap Ruri.

Secara spesifik mengenai hasil rapat pimpinan, dituturkan Ruri, forum rapim menyepakati bahwa paripurna pergantian Ketua DPRD akan digelar hari Senin, 1 Agustus 2022 pukul 09.00 pagi.

“Tadi rapat pimpinan, ada ketua fraksi dan setwan. Hasilnya mengagendakan paripurna pelantikan peresmian pengangkatan hari Senin. Rencana diagendakan jam 9,” tuturnya.

Secara resmi, Ruri pun sudah menerima lampiran SK Gubernur. Bahkan, tertuju kepada dirinya secara pribadi, bukan sebagai ketua fraksi.

“Di DPRD nerima Rabu, kemarin. Saya tadi dapat tembusan. Saya dapat lampiran atas nama person,” jelasnya.

Dari internal fraksi, ditambahkan Ruri, pada hari Senin nanti berencana untuk mengundang beberapa petinggi partai di tingkat DPP.

“Secara pribadi, ini amanah yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab. Fraksi akan mengundang ketua harian DPP, Sufmi Dasco, ketua DPD dan beberapa tokoh partai,” imbuh Ruri. (sep)

Sumber: