KPU Datangi PWI, Ajak Insan Pers Ikut Menyukseskan Pemilu 2024

KPU Datangi PWI, Ajak Insan Pers Ikut Menyukseskan Pemilu 2024

DISKUSI. Ketua KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni (ketiga dari kanan) dan Ketua PWI Indramayu, Dedy Musashi (kedua dari kanan) berbincang bersama komisioner serta pengurus dan anggota PWI.\--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu mengajak para pewarta terlibat dalam setiap tahapannya sesuai kapasitas dan kewenangannya.

KPU menilai, semua pihak tidak terkecuali insan pers harus ikut andil dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Hal itu terungkap saat jajaran KPU Kabupaten Indramayu datang berkunjung ke Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Indramayu, Senin (1/8). 

Para komisioner dan unsur sekretariat penyelenggara pemilu menyempatkan pula untuk berdiskusi dengan pengurus dan anggota PWI terkait kepemiluan.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menyampaikan, kedatangannya dengan komposisi lengkap merupakan agenda silaturahmi. Sekaligus sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

Pihaknya berharap dari kegiatan ini akan tercipta sinergitas dalam mewujudkan pemilu yang sukses tanpa ekses.

Menurutnya, suksesi pemilu akan dapat terwujud dengan peran aktif banyak pihak. Mulai dari unsur penyelenggara, partai politik sebagai peserta, masyarakat sebagai pemilih, dan stakeholder yang salah satunya adalah insan pers. 

“Teman-teman pers, pengurus dan anggota PWI mudah-mudahan bisa bersama-sama ikut andil mensukseskan pemilu dan pemilihan di tahun 2024,” ujarnya.

Adapun tahapan per 1 Agustus 2022 adalah pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu 2024. Dasar dan ketentuan tahapan ini tertuang dalam PKPU Nomor 4 tahun 2022. Sedangkan regulasi tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024, yaitu PKPU 3/2022.

Penting pula, lanjut Toni, yaitu peningkatan angka partisipasi masyarakat dibandingkan pemilu sebelumnya. Dalam hal ini, insan pers diminta intens mensosialisasikan pentingnya memberikan hak suara pada hari pemilihan melalui pemungutan suara. “Sukses pemilu juga ketika angka partisipasi masyarakat pemilihnya tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Perwakilan Indramayu, Dedy Musashi menyambut baik kunjungan para komisioner KPU tersebut. Pihaknya akan berupaya mendorong pengurus dan anggotanya untuk ikut aktif berperan dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024. Tidak terkecuali untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat.

“Kunjungan ini sangat baik dalam rangka menjalin sinergi dan menyamakan komitmen untuk demokrasi yang lebih baik. Pemilu 2024 harus sukses tanpa ekses dengan partisipasi pemilih tinggi,” imbuhnya. (tar)

Sumber: