Rebut Juara Umum GLN Gareulis Jabar 2022

Rebut Juara Umum GLN Gareulis Jabar 2022

DIBORONG. Kepala DPA Indramayu, Iwan Hermawan menerima trophy Juara Umum Penganugerahan Apresiasi dan Festival Literasi Jawa Barat tahun 2022 di GOR Arcamanik Bandung. Delegasi Indramayu berhasil memboyong banyak penghargaan.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Delegasi Gerakan Literasi Nasional (GLN) Kabupaten Indramayu berhasil merebut podium Juara Umum pada ajang Penganugerahan Apresiasi dan Festival Literasi Jawa Barat tahun 2022. 

Bahkan, tidak sedikit penghargaan yang diboyong dari kegiatan yang diselenggarakan di GOR Arcamanik Bandung tersebut.

Ajang yang berlangsung pada Sabtu (6/8) itu, Kabupaten Indramayu terpilih sebagai juara umum. Delegasinya terdiri dari puluhan kepala sekolah dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan perorangan.

Trophy Juara Umum Tantangan GLN Gareulis Jabar 2022 diterima oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Indramayu, Iwan Hermawan didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Caridin yang mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina.

Menurut Iwan, penghargaan atau menjadi juara umum bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui literasi. 

"Penghargaan bukanlah tujuan utama. Maka diraihnya predikat terbaik bukanlah literasi sesungguhnya. Literasi sesungguhnya adalah ketika masyarakat telah bisa meningkatkan kesejahteraan karena literasi adalah untuk kesejahteraan," jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, pelaksanaan literasi menjadi mutlak. Seluruh komponen, baik guru, siswa, masyarakat umum, dunia usaha, dunia akademisi, para tokoh dan pemuka, serta komponen masyarakat lainnya harus terus bersinergi melakukan literasi. 

"Dukungan yang tinggi dari ibu bupati menjadi titik awal bergeraknya mesin literasi Kabupaten Indramayu. Semoga masyarakat terus mencintai kegiatan literasi, dan mendongkrak indeks literasi masyarakat mulai dari tingkat keluarga sebagai dasar pelaksanaan literasi masyarakat," ujarnya.

Atas capaian itu, Caridin mengaku terharu. Para peserta yang kebanyakan merupakan pegawai lingkup Dikbud Kabupaten berhasil memberikan sumbangsih yang besar terhadap prestasi juara umum yang diperoleh Kabupaten Indramayu. 

Ia juga menyampaikan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan Penggerak GLN Gareulis Kabupaten Indramayu.

"Terima kasih kepada penggerak yang telah berupaya dengan baik untuk memberi motivasi kepada penggiat literasi di Kabupaten Indramayu, sehingga mampu  menumbuhkembangkan budaya membaca, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Dengan harapan di era digitalisasi, kegiatan dan budaya membaca buku tidak ditinggalkan," ungkapnya.

Sementara itu, penghargaan yang diraih dari ajang tersebut diantaranya Penghargaan Kepala Daerah Inspiratif yang didapat oleh Bupati Indramayu Nina Agustina. Kemudian Penghargaan Koordinator Terinspiratif yang diterima Ketua Pengerak GLN Kabupaten Indramayu, Lilis Yuningsih SPd MM. Penghargaan Penggerak Inspiratif diterima Erni Heriningsih MPd yang merupakan Sekretaris Umum GLN Gareulis Indramayu.

Berikutnya Penghargaan Video Kegiatan Literasi Terkreatif diperoleh SMPN Unggulan Sindang, Penghargaan Kontingen Terbanyak diterima UPTD SMPN 4 Sindang, Juara 1 Gerakan Literasi Sekolah (GLS) kategori SMP diraih UPTD SMPN 4 Sindang, Juara 1 Kategori A tingkat SMA diterima SMAN 1 Terisi, Juara Galeri Terkreatif diterima SMAN 2 Indramayu, Juara 3 GLS SMA kategori A SMAN 2 Indramayu, Juara 3 kategori GLS-SD UPTD SDN 2 Telukagung, Juara 2 GLS SMP Kategori B SMPN 1 Haurgeulis, Juara 1 GLS-SMP 30 partisipan/kategori D UPTD SMPN 2 Sindang, dan Juara 2 kategori perorangan diterima Komariah MPd. (tar)

Sumber: