5 Tahun Cetak 6.340 Wirausahawan Baru

5 Tahun Cetak 6.340 Wirausahawan Baru

PEMBERDAYAAN. Bupati Indramayu, Nina Agustina menghadiri pelatihan program Pe-Ri di Desa Sumbermulya, Kecamatan Haurgeulis. Program ini diharapkan mampu menjadi jembatan purna PMI.--

“Semoga dengan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan literasi keuangan ini akan sangat membantu para purna PMI dalam mengelola keuangan yang diperoleh dari hasil kerjanya di luar negeri,” ujarnya.

Nina juga menyampaikan, program Pe-Ri menyasar 317 desa/kelurahan se-Kabupaten Indramayu yang tertuang dalam RPJMD tahun 2021/2026 dengan 1 paket pelatihan kewirausahaan per 20 orang peserta dari masing-masing desa. 

Dirinya berharap, dalam 5 tahun akan tercapai 6.340 wirausahawan baru dari para perempuan purna PMI. Para camat, kuwu, serta lurah agar mendukung dan bersinergi dalam menyukseskan program tersebut. Khusus untuk para peserta pelatihan, Nina berpesan agar memanfaatkan hasilnya secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Indramayu, Erpin Marpinda menambahkan, program Pe-Ri di 5 kecamatan dan 5 desa tersebut melibatkan 20 peserta dari setiap desanya. 

“Pesertanya diberikan bantuan stimulan yang akan dikerjasamakan dengan Bank BJB supaya perempuan purna PMI bisa mandiri membuat UMKM-nya lebih maju,” pungkasnya. (tar)

Sumber: