Momen Langka, Konvoi Kendaraan ‘Veteran’ Mengaspal di Cirebon

Momen Langka, Konvoi Kendaraan ‘Veteran’ Mengaspal di Cirebon

MOBIL ANTIK. Komunitas penggemar mobil dan motor antik Kota Cirebon melakukan konvoi kemerdekaan dan kopdar, kemarin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID-PARA penggemar kendaraan antik melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas dengan konvoi berkeliling Kota Cirebon.

Konvoi membawa misi kampanye tertib dan selamat berlalu lintas tersebut mengusung tema "Run Merdeka 77 Satoe Toejuan". Konvoi diikuti puluhan mobil dan motor antik.

Sebelum dimulai, konvoi mobil dan motor antik diawali dengan upacara bendera dan berdoa bersama di halaman kantor EkajayaBerrindo, Kesambi.

Momen ini termasuk langka. Karena kendaraan-kendaraan tua nan antik ini kembali mengaspal. Eka Jaya Berrindo mengeluarkan armada bersejarahnya, sebuah sedan jenis Ford Anglia 1954.

Koordinator Run Merdeka 77 Satoe Toejuan, Fahmi Mirza menambahkan, konvoi dan kopdar mobil dan motor antik menjadi bagian dari upaya para penggemar kendaraan antik, memberikan pelajaran kepada pengguna jalan tentang cara berlalu lintas dengan baik dan benar.

BACA JUGA:Peringati HUT Kemerdekaan ke-77, Grage Group Optimis Bangkit Usai Pandemi

"Acara ini sebenarnya giat spontanitas. Karena terbiasa saling bertemu dan sharing, akhirnya muncul ide acara ini. Kami biasa berkumpul bersilaturahim, saling tukar info dan pengalaman. Karena komunitas kami dari berbagai profesi dan beragam kalangan," ungkap Fahmi yang membawa koleksinya, Honda Life 1974.

Sementara, Owner Eka Jaya Berrindo, Berry Herlambang mengatakan, Ford Anglia 1954 yang kembali mengaspal merupakan salah satu mobil latihan saat berdirinya Eka Jaya Berrindo tahun 1959 silam.

"Ini mobil yang sangat bersejarah. Mobil ini telah melatih puluhan ribu orang sehingga bisa mengemudi dengan aman," kata Berry.

Bahkan, mobil Ford Anglia 1954 ini menjadikan Eka Jaya Berrindo menjadi tempat kursus mengemudi tertua di Indonesia.

Tak hanya mengajarkan masyarakat cara mengemudi, melalui berbagai kesempatan, seperti konvoi kemerdekaan kemarin, pihaknya bersama Ford Anglia 1954 akan terus mengampanyekan, dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas.

BACA JUGA:HUT RI di Kecamatan Waled Semarak, Tanding Bola Voli antar Instansi Seru

"Melalui komunitas hobi ini, kami ingin mengajak untuk tetap konsisten mensyiarkan pentingnya keselamatan berlalu lintas di NKRI," ujarnya.

Setelah diawali dengan upacara dan berdoa bersama, puluhan mobil dan motor antik dari berbagai komunitas, seperti MACI Cirebon, CIVOC Cirebon, Vesva Enthusiast Cirebon, serta komunitas pecinta otomotif klasik lainnya, melakukan konvoi berkeliling Kota Cirebon. Kemudian diakhiri dengan kopdar bersama di Gedung Negara, Krucuk.

Sumber: