Paham Regulasi Pajak Bikin Usaha Lancar dan Berkembang

Paham Regulasi Pajak Bikin Usaha Lancar dan Berkembang

TERTIB PAJAK. Kolaborasi Kadin Kota Cirebon, Untag Cirebon dan KPP Pratama Cirebon 1 Satu mendorong para wajib pajak tertib pajak melalui Seminar Edukasi dan Dialog Perpajakan, Senin, 29 Agustus 2022.--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon mendukung terciptanya iklim perpajakan yang baik. Upaya itu terwujud dalam Seminar Edukasi dan Dialog Perpajakan yang digelar Kadin bersama Untag Cirebon dan KPP Cirebon 1 Satu, Senin (29/8) di  Untag Cirebon.

Seminar tersebut dihadiri puluhan peserta yang merupakan pengusaha dan anggota Kadin serta akademisi Untag Cirebon. Mereka diberi pemahaman mengenai regulasi terbaru perpajakan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Ketua Kadin Kota Cirebon, Dra Ismayasari MM mengatakan, Kadin Kota Cirebon menjalankan fungsi dan perannya dalam rangka mendukung terciptanya iklim usaha yang sehat di Kota Cirebon. Terutama dari sisi pemahaman perpajakan bagi pelaku usaha.

"Half Day Seminar Edukasi dan Dialog Perpajakan ini diinisiasi oleh Kadin karena banyaknya masukan anggota Kadin yang juga pelaku usaha yang masih bingung terkait regulasi pajak hari-hari ini," katanya.

BACA JUGA:Guru Honorer Menangis Disalip Muridnya yang Sudah Lolos PPPK

Ismayasari menilai, setiap pelaku usaha tidak bisa lepas dari pajak. Sebab itu, tahu dan paham regulasi perpajakan  justru memudahkan pelaku usaha melancarkan dan mengembangkan usahanya. "Pajak menjadi bagian penting yang perlu dipahami oleh pelaku usaha," kata Ismayasari.

Sementata itu, Rektor Untag Cirebon, Prof Dr H Guntoro Drs MM MSi dalam sambutannya mengatakan, Edukasi dan Dialog Perpajakan merupakan bagian dari upaya meningkatkan ketertiban pajak di Kota Cirebon.

Guntoro menilai, pajak merupakan unsur penting bagi pembangunan. Selain itu, tertibnya laporan pajak juga berimplikasi pada lancarnya dunia usaha. "Untag mendukung kegiatan ini. Karena pajak itu membangun bangsa," ujar Guntoro.

BACA JUGA:HMI Tolak Rencana Kenaikan BBM

Dijelaskannya, tema perpajakan juga berkaitan dengan salah satu mata kuliah di Untag Cirebon. Sebab, kampus yang berlokasi di Jalan Perjuangan Kota Cirebon mempunya Fakultas Ekonomi.

"Yang tentu saja tema perpajakan juga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi dalam kaitannya mata kuliah perpajakan," jelas Guntoro.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Cirebon 1 Satu, Nirmala Rustini mengatakan, upaya meningkatkan tertib pajak bagi wajib pajak terus digalakan. KPP Cirebon 1 Satu menyediakan pelayanan yang prima.

BACA JUGA:DKP3 Stop BLT DBHCHT Petani Tembakau

Karena itu, sebut Nirmala, wajib pajak baik badan maupun perorangan jangan segan untuk datang ke KPP Pratama Cirebon 1 Satu melaporkan SPT. Selain itu, dengan rajin melakukan pelaporan pajak, wajib pajak bakal paham terkait regulasi terbaru perpajakan.

Sumber: