Fungsinya Berjalan, DPKS Semarang Apresiasi Dewan Pendidikan Kota Cirebon

Fungsinya Berjalan, DPKS Semarang Apresiasi Dewan Pendidikan Kota Cirebon

APRESIASI. Jajaran Dewan Pendidikan Kota Semarang saat berkunjung dan studi banding ke Kota Cirebon. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Dewan Pendidikan Kota Cirebon mendapat apresiasi dari Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS). Apresiasi tersebut disampaikan Ketua Dewan Pendidikan Kota Semarang, Dr Budiyanto SH Mhum saat berkunjung ke Kota Cirebon.

Ia memuji terobosan yang dilkukan Dewan Pendidikan di Kota Cirebon dalam upayanya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

“Dewan Pendidikan Kota Cirebon ini luar biasa. Punya terobosan-terobosan menarik yang layak ditiru atau menjadi acuan Dewan Pendidikan di daerah lain di seluruh Indonesia. Termasuk kami dari Semarang,” ungkap Budiyanto usai kunjungan.

Bukannya tanpa alasan, lanjut Budiyanto, pihaknya menilai bahwa Dewan Pendidikan Kota Cirebon sudah mencuri start, dan mengambil langkah-langkah yang tepat bagi kemajuan pendidikan di Kota Cirebon.

Salah satunya, inovasi yang sudah dilakukan di SMPN 5 Kota Cirebon yang menjadi objek pengamatan Dewan Pendidikan Kota Semarang dalam kunjungannya.

“Fungsi Dewan Pendidikan Kota Cirebon ini memang benar-benar berjalan dengan baik. Tentu banyak yang akan kami tiru dan jadikan oleh-oleh,” lanjut Budiyanto.

Lebih lanjut, dijelaskan Budiyanto, inovasi serta langkah-langkah yang sudah dilakukan Dewan Pendidikan di Kota Cirebon sejalan dengan tujuan adanya Dewan Pendidikan itu sendiri.

Yakni sebagai wadah penyalur aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan program pendidikan yang tepat dan sesuai.

Selain itu, kata dia, Dewan Pendidikan Kota Cirebon dinilai berhasil meningkatkan tanggung jawab serta peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan, bahkan sudah menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntable, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Menurutnya, Dewan Pendidikan Kota Cirebon juga sudah berhasil mengambil peran dan fungsi dengan tepat, yakni sebagai pemberi pertimbangan (Advisory Agency) dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan, pendukung (Supporting Agency), baik yang berwujud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam pelaksanaan pendidikan, serta pengontrol (Controlling Agency) dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan.

“Dewan Pendidikan Kota Cirebon mampu menggandeng berbagai pihak untuk peduli terhadap pendidikan. Elemen masyarakat pun tergugah untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, ini sungguh luar biasa,” kata Budiyanto.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Cirebon, Drs H Hediyana Yusuf MM menambahkan, selama ini, Dewan Pendidikan Kota Cirebon hanya mengikuti peraturan yang ada di atasnya dalam menjalankan kinerja. Kinerja yang sudah dilakukan tidak terlepas dari upaya menghimpun, menganalisis dan membuat rekomendasi kepada Pemerintah Kota Cirebon untuk sistem pendidikan yang lebih baik.

“Kita ikuti aturan dan ketentuan yang berlaku. Adanya Dewan Pendidikan untuk menghimpun, menganalisis dan merekomendasikan kepada pemerintah daerah, sesuai dengan UU Sistem Pendidikan Nasional, dan mengacu pada PP Nomor 17 Tahun 2010,” tambah Hediyana. (sep)

Sumber: