Mencari Vaksin Meningitis Sampai Purwakarta

Mencari Vaksin Meningitis Sampai Purwakarta

VAKSIN. Jamaah haji Majalengka yang menunaikan ibadah tahun ini mendapat vaksin meningitis yang diurus pemerintah, beberapa waktu lalu. --

 

“Vaksin meningitis itu disediakan oleh KKP, dibeli oleh distributor jalur pembelian langsung dan bukan vaksin program yang dibuat (pemerintah),” ucapnya.

 

Namun hal itu berbeda dengan ibadah haji. Pemerintah diharuskan memenuhi stok vaksin meningitis di rumah sakit. Maka tak heran bila kebanyakan rumah sakit tidak memiliki ketersediaan vaksin meningitis. Lantaran pihak rumah sakit sendiri yang harus aktif membeli stok vaksin.

 

“Kecuali vaksin meningitis haji (pemerintah wajib memenuhi stok). Kalau penyediaan vaksin komersil itu langsung oleh para distributor vaksinnya. Kalau untuk haji itu pemerintah yang menyediakan. Biasanya juga travelnya yang mengarahkan para jamaah umrah untuk vaksin di lokasi yang sekiranya tersedia vaksin,” jelas dia.

 

Sebelumnya, para calon jamaah umrah asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mengeluhkan terkait ketersediaan vaksin yang sulit ditemukan di berbagai pelayanan kesehatan di kota angin. Bahkan, harus jauh-jauh ke Purwakarta untuk mendapatkan vaksin tersebut. Selain jaraknya yang jauh, melakukan penyuntikan vaksin meningitis di luar daerah memakan biaya yang lebih mahal. (hsn)

 

 

 

 

Sumber: