Peringati Hari Kesehatan Jantung Sedunia, PERKI Cirebon Pecahkan Rekor Muri

Peringati Hari Kesehatan Jantung Sedunia, PERKI Cirebon Pecahkan Rekor Muri

SENAM JANTUNG. PERKI Cabang Cirebon ikut mengisi puncak Hari Kesehatan Jantung Sedunia dengan senam jantung nusantara serentak yang meraih rekor Muri. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYATCIREBON--

BACA JUGA:Korpri Warning Bupati Imron Jelang Mutasi

Untuk itu, pada momentum kemarin, PERKI mengajak masyarakat untuk menghindari penyakit jantung drngan upaya-upaya preventif melalui kontrol pola makan, istirahat yang cukup serta melakukan general chek up minimal sekali dalam setahun.

"Banyak faktor, terutama faktor yang tidak bisa dirubah, mulai dari usia jenis kelamis, keturunan, serta faktor yang bisa dirubah seperti merokok, hipertensi hingga gaya hidup. Dulu penyakit infeksi tertinggi penyebab kematian, sekarang justru tertinggi banyak yang meninggal karena penyakit jantung," sebut dr Suhendi.

Untuk diketahui, saat ini Kementrian Kesehatan (Kemenkes) ingin memajukan layanan kardiovaskuler, dan RSD Gunung Jati ditunjuk Kemenkes sebagai salahsatu RS rujukan pelayanan penyakit jantung.

BACA JUGA:Hentikan Pembangunan Perumahan Tanpa Izin!

Hal ini penting karena banyak yang meninggal dunia karena penyakit jantung di usia produktif, karenanya, Kemenkes berupaya melakukan percepatan pelayanan kardiovaskuler, setidaknya di setiap provinsi, ada RS yang bisa melakukan pelayanan operasi bedah jantung.

Sumber: