Kemenag Kampanye Penguatan Moderasi Beragama; Ekspos Produk Akademik, Ajak Mahasiswa Edukasi Masyarakat

Kemenag Kampanye Penguatan Moderasi Beragama; Ekspos Produk Akademik, Ajak Mahasiswa Edukasi Masyarakat

EKSPOR. Balitbang Agama Jakarta menggandeng IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan Seminar & Ekspos Produk Akademik yang digelar selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/10) di Auditorium Lantai 3. FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Moderasi beragama merupakan bagian dan prioritas bangsa, terutama di Kementerian Agama. Target ini  bisa mulus, jika para penyelenggara pendidikan, termasuk mahasiswa, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya sikap moderat dalam beragama.

Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, Dr H Samidi MSi mengatakan, moderasi beragama merupakan salah satu program balitbang di wilayah kerjanya. Wilayah kerja tersebut meliputi  Banten, DKI, Jawa Barat dan seluruh kepulauan Sumatra.

Samidi menjelaskan, moderasi beragama merupakan bagian dan prioritas di Kementerian Agama.  Sehingga moderasi beragama menjadi  program yang spesial dan perlu didukung semua elemen.

"Harus ada pencerahan, bagaimana cara beragama yang baik dan tidak terlalu ke kanan-kananan juga tidak terlalu ke kiri-kirian. Balitbang Agama Jakarta berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat melalui dunia pendidikan. Salah satunya dengan ekspos dan seminar-seminar kegiatan, termasuk ekspos produk akademik," terangnya, kemarin.

Dia mengabarkan bahwa pihaknya memiliki jurnal bernama Penamas yang sudah akreditasi Sinta dua. Di antara jurnal Penamas itu memiliki tema tentang moderasi beragama.

"Moderasi beragama inilah yang kita seminarkan dan kita publikasikan. Ini merupakan hasil penelitian rekan-rekan di perguruan tinggi maupun dari para peneliti lainnya. Sehingga hasil temuan-temuan itu kita sosialisasikan ke perguruan tinggi di wilayah kerja Balitbang Agama Jakarta,” ucapnya saat kegiatan Seminar & Ekspos Produk Akademik yang digelar selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/10) di Auditorium Lantai 3 Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Menurutnya, kegiatan seminar dan ekspose produk akademik ini sudah dilakukan di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Di antaranya Banten, Bandung maupun di IAIN Cirebon.

Menurut Samidi, target dari kegiatan ini adalah mempublikasikan hasil penelitian dan riset dari rekan-rekan Balitbang Agama Jakarta agar dikenal oleh dunia perguruan tinggi. Baik itu hasil-hasil penelitian maupun pengembangan, buku-buku  dan rujukan untuk penulisan skripsi, tesis maupun disertasi dan penelitian-penelitian lainnya.

Untuk itu, dia berharap, pihaknya bisa bersinergi dengan perguruan tinggi yang ada di wilayah kerjanya dengan mempublikasi moderasi beragama ke seluruh elemen masyarakat.

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta MAg  menyatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat. Maka atas nama civitas akademika IAIN Cirebon mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kepala Balitbang dan Kampus yang telah menggandeng kampus IAIN Cirebon pada kegiatan seminar dan ekspos produk akademik ini.

Sumanta pun berharap, IAIN Cirebon bisa terus digandeng dan didampingi oleh Balitbang untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.

Dijelaskan Sumanta, kerja sama dengan Balitbang sudah dilakukan pada kegiatan-kegiatan sebelumnya. Salah satu karya monumental adalah penerjemahan Qur'an ke Bahasa Cirebon.

"Hasil penerjemahan bahasa ini sangat  bermanfaat dan akan disebar ke pusat-pusat publik, seperti masjid dan lainnya," ujarnya.

Sumanta juga menjelaskan, seminar dan ekspos produk akademik ini menuntut kesadaran terhadap ilmu pengetahuan dan agama. Maka tentu saja ini harus terimplementasi dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam konsep moderasi beragama.

Kemudian kerja sama lainnya adalah Dialog Kebudayaan. Bisa berdialog dengan sejumlah pakar budaya dan pakar lainnya untuk bagaimana Cirebon menjadi destinasi, karena memilki warisan budaya yang melimpah dari para leluhur. (wan)

Sumber: