Mendag Lepas Ekspor Perdana Mangga ke Sejumlah Negara

Mendag Lepas Ekspor Perdana Mangga ke Sejumlah Negara

ANGIN SEGAR. Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina melepas ekspor perdana buah mangga di Desa Mangunjaya, Kecamatan Anjatan, Indramayu. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID–Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina melepas ekspor perdana buah mangga Indramayu di Desa Mangunjaya, Kecamatan Anjatan, Kamis (13/10). 

Pria yang karib disapa Zulhas ini berencana mengajak puluhan perwakilan di negara lain agar mempromosikan mangga khas Indramayu.

Disela prosesi pelepasan ekspor buah mangga tersebut, Zulhas mengatakan, tujuan ekspor mangga Indramayu adalah pangsa pasar negara di wilayah Timur Tengah seperti Arab Saudi. Kemudian, Afrika, Asia Tengah dan Asia Selatan.

Ia menegaskan, hadirnya pemerintah di tengah-tengah masyarakat bertujuan untuk menyikapi berbagai dinamika. Termasuk terkait harga buah mangga yang selalu turun pada saat masa panen tiba. 

BACA JUGA:Program TNI BSMSS 2022 Dimulai

“Karena, kami mendukung agar petani kita sejahtera. Oleh karena itu, dengan segala daya upaya kami hadir disini untuk membantu petani mangga agar harga mangga ini bisa bagus,” kata dia.

Zulhas memastikan, dirinya akan mengajak sebanyak 40 perwakilan di negara lain untuk mempromosikan mangga Indramayu. 

“Saya dari Mendag RI ada 40 perwakilan di luar negeri, nanti kita ini membantu untuk memasarkannya yang ekspornya sudah dimulai hari ini,” ucapnya.

Meski demikian, ia berharap kepada Pemkab Indramayu untuk memperluas jaringan atau pusat-pusat produksi mangga. Juga mengajak kelompok-kelompok petaninya bisa memasarkan buah mangga melalui platform digital.

BACA JUGA:4 Tersangka Korupsi Anggaran Makan Minum Santri Ditahan

Bahkan dinilainya penting pula untuk membuat portal potensi Kabupaten Indramayu yang di dalamnya terdapat buah mangga. Langkah ini perlu dilakukan agar potensi Indramayu semakin dikenal dan dapat membangkitkan perekonomian dan meningkatnya kesejahteraan.

“Tinggal sekarang bagaimana pasarnya dengan membuat halaman portal yang bagus dan menarik, agar nanti kita membantu mempromosikan ke luar negeri. Saya sudah usul ke bupati Indramayu bahwa Indramayu harus punya portal potensi daerah. Termasuk mangga. Sehingga nanti seperti nelayan, petani padi, termasuk petani mangga juga bisa mendapatkan pemasaran yang bagus,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Indramayu Nina Agustina menyampaikan terima kasih atas kedatangan Mendag Zulhas ke Indramayu. 

Kehadirannya dapat dipastikan memberikan motivasi untuk peningkatan produksi buah mangga dan meningkatnya harga buah mangga di pasaran.

Sumber: