Verfak Kepengurusan Hanura dan Perindo Kota Cirebon Rampung

Verfak Kepengurusan Hanura dan Perindo Kota Cirebon Rampung

VERFAK. Tim dari KPU Kota Cirebon melakukan verifikasi faktual kepengurusan di kantor DPC Hanura. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Setelah sebelumnya verifikasi faktual kepengurusan dua parpol di Kota Cirebon, yakni Hanura dan Perindo sempat tertunda karena menunggu verfak di tingkat DPP, akhirnya KPU menyelesaikam tugasnya melakukan verfak kepengurusan.

Kemarin, KPU turun ke kantor DPC Hanura Kota Cirebon untuk menyelesaikan verifikasi faktual kepengurusannya. Verfak kepengurusan dua parpol terakhir pun berjalan lancar tanpa kendala.

Ketua DPC Partai Hanura, Een Rusmiyati, Sekretaris DPC, Firman Nugraha, serta Bendahara DPC, Fikri Abdul Wahab hadir langsung untuk diverfak.

Dari hasil verfak kepengurusan ini, Hanura Kota Cirebon sangat mengharapkan, verfak selanjutnya, yakni verfak keanggotaan juga bisa berjalan lancar. Sehingga Hanura dapat menjadi partai politik peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Kota Cirebon, Een Rusmiyati menyampaikan, menjelang tahap verifikasi faktual ini, pihaknya sudah menyiapkan segala administrasi yang berkaitan dengan syarat-syarat yang diperlukan. Sehingga sudah dipastikan dipenuhi.

"Kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah terlibat dan para jajaran pengurus yang hingga saat ini senantiasa mendampingi proses persiapan. Terima kasih juga kepada KPU yang sudah melakukan verifikasi faktual terhadap kepengurusan kami," ungkap Een, Selasa (18/10).

Verfak kepengurusan, yang kemudian akan disusul dengan verfak keanggotaan, lanjut Een, akan menjadi langkah pertama dari keseriusan Hanura untuk mengejar target di Pemilu 2024 mendatang.

Een yang juga ketua Fraksi Kebangkitan Nurani di DPRD Kota Cirebon tersebut kembali menegaskan target parpolnya pada Pemilu 2024. Yakni meraih suara yang besar dan cukup untuk membentuk satu fraksi di DPRD.

Untuk mencapai itu, Een memastikan mesin partai di setiap tingkatan, mulai dari DPC sampai ke ranting terus dilakukan.

"Kami optimis Hanura mendapatkan satu fraksi penuh di DPRD setidaknya 4 kursi itu target kami," kata Een.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis Pelaksanaan Pemilu KPU Kota Cirebon, Mardeko mengatakan, KPU telah selesai melakukan verifikasi faktual kepengurusan terhadap sembilan partai politik, yang ditutup Hanura dan Perindo.

Dari verfak kepengurusan yang dilakukan, lanjut Mardeko, KPU memastikan Hanura Kota Cirebon sudah sesuai dengan syarat-syarat administrasi yang dipersyaratkan. Mulai dari kesamaan antara data Sipol dengan kenyataan pengurus yang ada. Kantor yang menetap sampai selesai tahapan pemilu, serta keterwakilan perempuan 30 persen dalam kepengurusan.

"Hasil dari verfak kami ke Hanura sudah sesuai dengan data di lapangan, seperti SK kepengurusan, kehadiran KSB dan unsur perempuan yang 30 persen dan kantor tetap sampai tahapan terakhir Pemilu," ungkap Mardeko.

Setelah dilakukan verfak kepengurusan, selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi faktual keanggotaan, dan hasil dari verfak kepengurusan, secepatnya akan diinput kedalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), sehingga nanti akan diketahui status nya parpol yang sudah menjalani verfak kepengurusan.

"Jika kategori belum memenuhi syarat nanti bisa diperbaiki di masa perbaikan. Nanti kita lihat dokumen apa yang mesti diperbaiki. Untuk Hanura secara umum dokumennya sesuai," paparnya. (sep)

Sumber: