Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri, Ribuan Warga Ciloa Penuhi Jalan Desa

Peringati Maulid Nabi dan Hari Santri, Ribuan Warga Ciloa Penuhi Jalan Desa

DOA. Warga Kampung Ciloa Desa Lengkong Kulon menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional 2022, Minggu (23/10).--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri, ribuan warga Kampung Ciloa Desa Lengkong Kulon turun ke jalan untuk mengumandangkan salawat bersama.

Aksi unik ini digelar Minggu (23/10), dimana ribuan warga berkumpul dan duduk berhadapan di sepanjang jalan menuju kampung tersebut. Tepat di ujung kampung, berdiri panggung besar tempat para sesepuh desa dan tokoh agama memimpin acara salawat bersama.

Acara dimulai dengan berdzikir dan berdoa bersama untuk para sesepuh kampung dan desa yang sudah meninggal dunia, kemudian dilanjutkan dengan membaca salawat bersama dan Albarzanji. Selesai acara dilanjutkan dengan makan bersama yang dilakukan di sepanjang jalan sepanjang hampir 500 meter tersebut.

Kiai Kamsu salah seorang panitia kegiatan mengatakan, jika kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Maulid Nabi sekaligus hari santri dan ajang silaturahmi warga. Kegiatan tersebut diharapkan mewujudkan kampung Ciloa sebagai Kampung berkah, sekaligus menjadi kampung yang selalu memegang erat prinsip gotong royong.

Pasalnya semua dana kegiatan sepenuhnya merupakan sumbangan masyarakat Kampung Ciloa yang dilakukan secara bersama sama, baik para orang tua pemuda hingga anak anak ikut terlibat. "Alhamdulilah semoga hal ini menjadi keberkahan bagi kita semua, selain sebagai bentuk kecintaan kami kepada Nabi Muhammad SAW kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi warga di kampung ini,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Maman Lete, yang juga ketua Pokdarwis Desa Lengkong Kulon. Menurut dia dalam kegiatan tersebut semua warga ikut diberdayakan, dari mulai kalangan pemuda hingga sesepuh. Tujuannya tidak lain untuk membangun semangat kebersamaan dan semangat kekeluargaan.

Di Tempat terpisah, Kepala Desa Lengkong Kulon Jawahir, mengaku sangat mengapresiasi semangat kebersamaan dan kekompakan kampungnya, yang bisa menjadi contoh bagi kampung lainya yang ada di Desa Lengkong Kulon.

“Saya selaku kepala desa sangat kagum dan memberikan penghargaan yang sebesar besarnya kepada seluruh masyarakat Kampung Ciloa dan para panitia yang mampu menggelar acara sebesar dan semeriah ini,”pungkasnya. (pai)

Sumber: