Dua Hari Cuaca Ekstrem, Membuat Kota Cirebon Kelimpungan

Dua Hari Cuaca Ekstrem, Membuat Kota Cirebon Kelimpungan

PANGKAS. Pasukan biru DPRKP Kota Cirebon memangkas pohon rindang yang berpotensi tumbang di Jalan Perjuangan, kemarin. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

BACA JUGA:Bawa Pistol, Perempuan Bercadar Ini Mencoba Terobos Istana Negara

Sementara itu, dari rilis yang dikeluarkan BMKG, prediksi cuaca, sampai tanggal 27 hari ini, Kota Cirebon masih berpotensi diguyur hujan lebat dengan status waspada.

Sebelumnya, Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH yang turun langsung dan melakukan pemantauan ke titik lokasi banjir mengatakan, banjir pada Selasa (25/10) berbeda dari biasanya. Karena banyak titik-titik genangan baru.

"Hampir di seluruh kota ya (banjir, red). Yang biasanya hanya di titik-titik tertentu saja, sekarang banyak titik-titik yang biasanya tidak, sekarang tergenang," ungkapnya.

Setelah mendapatkan info, ia pun langsung menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk melakukan respons cepat. Mulai dari evakuasi, hingga pengamanan di lokasi titik-titik genangan.

BACA JUGA:Bukan Saatnya Bicara KLB, Tapi Fokus Bicara Prestasi

"Saya langsung instruksikan semua petugas menyebar, untuk melihat penyebabnya apa saja. Karena ini sudah menyeluruh, kita harus cari tahu apa penyebab utamanya," lanjut dia.

Setelah ini, dikatakan Azis, pemkot akan langsung berkumpul untuk menindaklanjuti kejadian banjir ini. Karena memang titik yang tergenang luar biasa. Banyak titik genangan baru di luar dugaan.

"Kita akan langsung rapat koordinasi dengan seluruh dinas terkait. Termasuk dengan camat dan lurah, untuk membahas langkah cepat seperti apa. Dan perbaikan-perbaikannya bagaimana. Karena itu harus dilakukan di tahun 2023. BPBD mulai bergerak, mendata titik-titik baru yang tergenang. Karena ini lebih banyak dari biasanya," pungkasnya.

Sumber: