DPD PKS Adakan Bimbingan Bisnis untuk Pelaku UMKM

DPD PKS Adakan Bimbingan Bisnis untuk Pelaku UMKM

BERDAYA. DPD PKS Indramayu menggelar bimbingan bisnis melalui program BEsT #batch 1. PKS Indramayu terus berupaya membantu para UMKM yang membutuhkan. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID-Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi (BPJE) DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Indramayu mengadakan bimbingan bisnis dan pemberian bantuan modal kepada pelaku UMKM. 

Kegiatan tersebut diimplementasikan dalam program Business & Entrepreneurship Incubation (BEsT) #batch 1 dengan sasaran para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kabid BPJE DPK PKS Indramayu, Hj Erly Purwaningsih mengatakan, program yang diimplementasikan itu adalah bimbingan bisnis yang terdiri dari beberapa fase. Sehingga dengan pelaksanaan programnya bisa membantu menjadikan pengusaha mandiri dalam sumber daya fisik, SDM, dan finansial.

Program tersebut diadakan selama tiga bulan. Mulai dari 23 Juli 2022 hingga 22 Oktober 2022. 

BACA JUGA:Pembunuh Wanita Muda Akhirnya Tertangkap

Materi yang terdiri dari enam kali Stadium General itu menghadirkan pengusaha-pengusaha sukses dari Cirebon dan Indramayu. 

Serta mengundang sejumlah mentor tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Tujuh kali mentoring bisnis dengan membagi kelompok yang dibimbing langsung oleh mentor-mentor tersertifikasi dan pelaku usaha yang sudah berpengalaman," jelas Erly didampingi Sekbid BPJE, Warnoto SE, Jumat (28/10).

Menurutnya, kegiatan tersebut diikuti oleh 35 peserta yang berakhir dengan presentasi bisnis. Dari 14 peserta terbaik dan penilaian tiga terbaik berhak mendapatkan tambahan modal usaha.

BACA JUGA:Senam Masal Golkar Meriah Berhadiah

"Pelatihan selama 3 bulan memang belumlah cukup bagi para peserta yang seluruhnya adalah pelaku UMKM untuk menghadapi tantangan usaha dimasa yang akan datang," kata perempuan yang juga Owner Erly's Cake & Bakery dan Erly's Katering ini.

Hj Erly mengaku bersyukur, para peserta bisa memiliki wawasan dan pengetahuan baru yang dapat menunjang usahanya. 

"Alhamdulillah peserta jadi sadar untuk membuat legalitas usaha, membuat catatan keuangan dan sebagainya. Juga sadar akan pentingnya mempunyai komunitas sesama pengusaha yang akan menjadikan mereka bisa sharing dan saling bersinergi," ungkap dia.

Meski demikian, langkah BPJE DPD PKS Indramayu dipastikan tidak berhenti dengan BEsT #batch 1. Rencananya, ke depan akan diselenggarakan pelatihan-pelatihan serupa dengan kegiatan yang disesuaikan. Melalui hal ini pihaknya akan terus berupaya agar bisa lebih banyak membantu UMKM yang membutuhkan.

Sumber: