BPBD Bentuk Tim Siaga Bencana di Objek Wisata

BPBD Bentuk Tim Siaga Bencana di Objek Wisata

ANTISIPASI. BPBD Majalengka membentuk Tim Siaga Bencana di Objek Wisata, salah satunya di objek wisata Panyaweuyan.--

RAKYATCIREBON.IDMAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka terus melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di kawasan wisata. Salah satunya dengan membentuk Tim Siaga Bencana Objek Wisata.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Iskandar Hadi melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Majalengka, Ade Solihin mengatakan pembentukan Tim Siaga Bencana di objek wisata perlu dilakukan. Hal itu karena bencana alam tidak hanya mengintai wilayah pemukiman, tapi juga objek wisata. Apalagi wilayah Kabupaten Majalengka memiliki kerawanan bencana cukup tinggi saat musim hujan.

“Apalagi banyak destinasi wisata yang berlokasi di wilayah perbukitan dan air. Oleh karena itu, antisipasi terhadap potensi bencana alam seperti banjir dan longsor sangat penting dilakukan,” ujar Ade, Senin (31/10).

Dalam pembentukan Tim Siaga Bencana Objek Wisata, kata Ade, BPBD berkoordinasi dengan dinas terkait. Tim dibentuk di setiap objek wisata yang rawan bencana alam. Tim Siaga Bencana Objek Wisata, lanjutnya, akan dibekali berbagai keterampilan dalam hal pencegahan dan penanganan kebencanaan.

“Mereka harus paham, apa saja sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan potensi bencana yang ada di kawasan wisata,” ucapnya.

Seperti diketahui, destinasi wisata di Kabupaten Majalengka sebagian besar berada di daerah perbukitan. Sebut saja, seperti Terasering Panyaweuyan di wilayah Kecamatan Argapura, Curug Muara Jaya, dan Curug Cipeuteuy di Kecamatan Sindangwangi. (hsn)

Sumber: