Aher Terbukti Menang 2 Kali di Jabar, PKS Ngotot Jadi Cawapres untuk Anies

Aher Terbukti Menang 2 Kali di Jabar, PKS Ngotot Jadi Cawapres untuk Anies

Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyodorkan Wakil Ketua Majelis Syura-nya, Ahmad Heryawan (Aher) untuk cawapres Anies Baswedan dalam rencana poros perubahan yang digagas Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS.

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, menjelaskan, PKS belakangan ini memunculkan cawapresnya dan itu sangat menarik."Dulu publik melihatnya PKS itu akan Sami'na Wa Atho'na menerima apa aja yang penting dukung Anies," bebernya.

Menurut Adi Prayitno, soal memunculkan nama cawapres itu menjadi variabel penting yang harus dihitung.

Dia menduga, hal itu dilakukan PKS karena ingin menyelamatkan soal pemilihan legislatif (pileg).

"Karena apapun judulnya, ketika Anies dideklarasikan oleh NasDem, dari beberapa riset yang kita lakukan, dulu orang yang memilih Anies automatically ke PKS secara perlahan ada yang hijrah ke NasDem," bebernya dikutip FAJAR.CO.ID dari YouTube program Political Show di salah satu TV nasional, Selasa (1/11/2022).

Sehingga, bebernya, PKS harus berhati-hati. Maka, PKS butuh jangkar politik namanya cawapres.

Sementara itu, Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid, mengemukakan mengapa PKS menyodorkan Gubernur Jawa Barat dua periode hingga 2018 itu kepada calon mitra koalisi karena ia terbukti menang dua kali di Jawa Barat.

"Terbukti dan teruji memenangkan dua kali di provinsi terbesar di Indonesia. Jawa Barat itu adalah jumlah penduduknya terbesar penyumbang pemilih terbesar di Pilpres dan Ahmad Heryawan terbukti menang dua kali," beber Muhammad Kholid.

Kendati hasil survei Ahmad Heryawan, diakui Muhammad Kholid, belum mendapatkan attention yang cukup, sehingga perlu disimulasikan lagi.

Tak hanya menang dua kali di Jawa Barat, Aher juga dinilai menurut Majelis Syura PKS memiliki kapasitas memimpin apalagi di provinsi dengan masyarakat yang kompleks dan tantangannya yang banyak.

"Dia (Aher,red) mempunyai kapasitas menang, karena dia sudah pernah teruji. Menang dua kali di pilgub, yang kedua punya kapasitas memimpin. Dia memimpin masyarakat yang kompleks di Jawa Barat yang begitu besar dan banyak tantangannya,"bebernya.

Menurut Juru Bicara PKS ini, prestasi Aher begitu banyak saat memimpin Jawa Barat. Secara kontestasi sudah teruji dan kapasitas pemimpin juga dimiliki mantan Gubernur Jawa Barat ini.

"Dia mendapatkan prestasi yang banyak bahkan sekitar 280 penghargaan yang didapatkan, artinya secara kontestasi dia teruji di lapangan, secara kapasitas pemimpin dia juga punya. 10 tahun memimpin dengan sukses," urainya. (eds)

Sumber: