Nasib Parsindo, Tempat Berlabuh Loyalis Soeharto, Kini Tidak Lolos Verifikasi

Nasib Parsindo, Tempat Berlabuh Loyalis Soeharto, Kini Tidak Lolos Verifikasi

Parsindo, loyalis Soeharto.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - KPU RI sudah memutuskan lima parpol tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2024. Salah satu partai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat yakni Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo).

Parsindo kini disokong Tommy Soeharto. Partai Parsindo menyebut akan menggarap loyalis Presiden ke-2 RI HM Soeharto yang memimpin Indonesia selama 32 tahun untuk memperkuat basis suara.

"Memang tidak bisa dipungkiri loyalis Soeharto hingga kini pasti masih ada. Tetapi rata-rata sudah berumur. Mereka juga banyak yang tidak terjun dipolitik, lebih banyak kegiatan sosial, keagamaan maupun usaha," kata Ketua Umum Partai Parsindo, HM Jusuf Rizal di markas Partai Parsindo Antasari Jakarta, seperti dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/5/2022).

Jusuf Rizal menyebut dengan meleburnya Partai Berkarya gerbong Tommy Soeharto ke Partai Parsindo bisa menjadi amunisi memperkuat basis. Jusuf Rizal mengatakan Partai Parsindo bisa menjadi tempat berlabuh para loyalis Soeharto.

Menurut Presiden Lumbung Informasi Rakyat (LSM LIRA) itu, strategi Partai Parsindo selain menggarap loyalis Soeharto juga menggarap kelompok pekerja, buruh, millenial, nasionalis dan religius. Jusuf Rizal menyampaikan Partai Parsindo terbuka bagi masyarakat umum, pensiunan TNI-Polri dan keluarganya. Termasuk dari partai politik yang merasa sevisi dengan Partai Parsindo.

Ketika ditanya apa ada dari partai lain loncat pagar, Jusuf Rizal menjawab cukup banyak. Selain Partai Berkarya (non-kubu Tommy) ada juga jaringan partai yang tidak lolos Kumham, seperti Partai Emas, Partai Rakyat, hingga Partai Masyumi.

"Prinsipnya kami Partai Parsindo fokus memperkuat jaringan. Elemen manapun yang tertarik bergabung, kami welcome. Partai Parsindo rumah pergerakan rakyat untuk perubahan," imbuhnya.(dtc/rakcer)

Sumber: