Digitalisasi BPJS Kesehatan, Akses Layanan Cukup Pakai NIK

Digitalisasi BPJS Kesehatan, Akses Layanan Cukup Pakai NIK

MAKIN MUDAH. BPJS Kesehatan memberi kemudahan dengan Mobile Customer Service BPJS di lokasi-lokasi berbagai kegiatan. Sesuai UU SJSN semua warga punya hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Indramayu memberikan akses kemudahan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

Hal ini dilakukan melalui stand pelayanan Mobile Service BPJS di lokasi-lokasi berbagai kegiatan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cirebon, Dwi Erdian mengatakan, kehadiran Mobile Customer Service BPJS merupakan layanan dalam memberikan informasi terkait dengan pelayanan BPJS Kesehatan. "Pelayanan yang disediakan tidak jauh beda dengan pelayanan di kantor cabang," jelas Dwi saat hadir di stand yang dibuka pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Gedung Patra Ayu Bumi Patra Indramayu, Rabu (23/11).

Selain memberikan pelayanan terkait administrasi baik dari mulai pendaftaran, kepesertaan, serta perubahan dan pemutakhiran data, juga terdapat layanan informasi dan pengaduan.

BACA JUGA:Kafilah Kecamatan Krangkeng Sabet Juara Umum MTQ ke-52

Dwi menyampaikan, masyarakat juga dapat mengakses layanan JKN melalui kanal BPJS lainnya seperti call  165 serta aplikasi Mobile JKN. 

"Kedepannya, melalui aplikasi Mobile JKN ini kartu fisik sudah tidak lagi diterbitkan dan semuanya di digitalisasi sehingga akses layanan akan berpatokan pada penggunakan NIK," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, pihaknya mendorong masyarakat untuk ikut serta dalam kepesertaan program JKN. Sesuai Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Nomor 40 tahun 2004, bahwa semua warga memiliki hak untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

"Perlunya jaminan kesehatan itu ilustrasinya seperti ini, misal ketika kita bepergian apakah kita sudah cukup memiliki alokasi dana untuk kesehatan selama bepergian atau tidak karena tidak dapat diprediksi. Disitulah perlunya jaminan kesehatan, karena saat memiliki jaminan kesehatan kita sudah memiliki layanan yang dapat mengcover beserta keluarga dalam hal kesehatan bila terjadi sesuatu yang memerlukan layanan kesehatan," paparnya.

BACA JUGA:Awas, Pelaku Kekerasan Incar Pelajar

Selain itu, Dwi juga berharap kehadiran stand pelayanan di setiap kegiatan diantaranya dapat membantu mempermudah masyarakat mengakses layanan JKN kepada masyarakat. 

Karena menurutnya jarak tempat tinggal masyarakat dengan kantor cabang berbeda-beda, bahkan tidak jarang yang jarak tempuhnya sangat jauh.

"Kami berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan layanan JKN karena seperti kita tahu jarak rumah ke kantor cabang berbeda dan memerlukan , baik itu dari biaya dan waktu bagi yang tinggalnya jauh. Nah kami berusaha untuk mengurangi itu sehingga kami yang datang menemui masyarakat," pungkasnya.

Sumber: