Sudah Satu Minggu, Anwar Ibrahim Masih Kesulitan Susun Kabinet

Sudah Satu Minggu, Anwar Ibrahim Masih Kesulitan Susun Kabinet

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim--

RAKYATCIREBON.ID, KUALALUMPUR -  Anwar Ibrahim sudah satu minggu lalu dilantik menjadi Perdana Menteri Malaysia. namun, Malaysia belum juga memiliki kabinet pemerintahan.  Anwar Ibrahim mengakui bahwa ia kesulitan menyusun kabinet.

Anwar sempat membeberkan bahwa alasan ia membutuhkan banyak waktu salah satunya karena pemerintahan yang ia pegang kini melibatkan banyak pihak.

"Berbeda dengan sebelumnya, pemerintahan bersama ini melibatkan banyak pihak. Sebelum mengambil keputusan, saya harus mendengarkan semua pandangan," kata Anwar, seperti dikutip The Star, Selasa (29/11).

Anwar memang membentuk pemerintahan gabungan karena perolehan suaranya dalam pemilihan umum lalu tak cukup untuk membentuk mayoritas parlemen.

Sementara itu, koalisi Anwar, Pakatan Harapan (PH), selama ini dikenal merangkul keberagaman, dengan partai anggota yang multi ras.

Selain itu, Anwar juga harus memikirkan janji kampanyenya, yaitu membentuk kabinet yang ramping. Menurutnya, jajaran pemerintahan di masa-masa sebelumnya terlalu besar.

"Sebelumnya, Anda bisa memasukkan 50, 60, atau 70 (anggota) kabinet. Jika ini tidak cukup, ada penunjukan utusan dan penasihat khusus. Saya tidak mau melakukan itu," kata Anwar.

Profesor dari Departemen Studi Malaysia Universitas Nasional Singapura, Maznah Mohamad, juga mengakui bahwa Anwar memang akan kesulitan membentuk kabinet dan mempertahankan stabilitas.

"Tentu tantangan tersendiri bagi Anwar mengingat koalisi ini sangat rentan karena orang-orang di dalamnya terlalu plural," katanya kepada Channel NewsAsia.

Ia kemudian berkata, "Ini menjadi tantangan karena di satu sisi, ia ingin kabinet yang ramping. Namun di sisi lain, ada banyak pihak yang harus dipuaskan."

Selain itu, Anwar juga dianggap akan kesulitan mencari jajaran pejabat yang dapat memulihkan perekonomian Malaysia sesuai janji kampanyenya.

Untuk merealisasikan visi perbaikan ekonomi itu, Anwar perlu menemukan menteri keuangan yang bisa mengarahkan finansial negara, sekaligus mempertahankan kekuasaan dirinya.

Keinginan Anwar itu juga harus mendapatkan dukungan dari pemerintahan gabungannya, yang juga mencakup Barisan Nasional. BN sendiri sempat menjadi musuh bebuyutan Anwar.

Anwar juga bakal menghadapi situasi ekonomi yang sulit tahun depan. Hampir seluruh perkiraan menunjukkan perekonomian global bakal mengalami perlambatan akut, sebagaimana dilaporkan Nikkei Asia.

Resesi dan krisis ekonomi pun tampak nyata, sehingga Anwar harus menyajikan anggaran yang bisa melindungi Malaysia. Jika tidak, rumah tangga dengan pendapatan rendah dan menengah akan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup.

PR memperbaiki ekonomi negara dianggap sebagai arena pelatihan bagi perdana menteri Malaysia. Para pemimpin masa lalu terkadang menunjuk teknokrat, atau memegang kendali itu sendiri.

Profesor kajian ekonomi Asia Timur dari Universitas California, Woo Wing Thye, mengatakan tak ada alasan untuk memilih politikus untuk mengisi pos menkeu, kecuali jika PM itu memang ingin memegang kendali sendiri.

"Tugas menteri keuangan adalah mengidentifikasi proyek-proyek yang bagus dan punya kedudukan politik untuk bisa mendorong apa yang menurutnya merupakan sikap ekonomi tepat bagi pemerintah," kata Wo, seperti dikutip Bloomberg.

Menurut laporan The Star, Anwar sebenarnya punya sejumlah kandidat yang bisa menduduki posisi menteri keuangan.

Beberapa di antaranya adalah Mohammad Hasan, Johari Abdul Ghani, Rafizi Ramli, Amzan Mokhtar, Nazir Razak, Anthony Lake, dan dirinya sendiri.

Anwar memiliki rekam jejak sebagai menteri keuangan di era Mahathir Mohammad pada 1991. Pada 1993, Mahathir mengangkat Anwar menjadi wakil perdana menteri.

Pada 1994, krisis moneter melanda dunia, tetapi Anwar berhasil membawa Malaysia melewati masa sulit itu.

Asiamoney sampai-sampai menobatkan Anwar sebagai Finance Minister of The Year pada 1996. Ia kemudian ditunjuk menjadi Ketua Komite Pembangunan Bank Dunia pada 1998.
(isa/has/rakcer)

Sumber: