Pekerja Pertamina Lindungi Pantai dengan Memungut Sampah

Pekerja Pertamina Lindungi Pantai dengan Memungut Sampah

JAGA PANTAI. Pekerja Pertamina Group Balongan melakukan aksi pungut sampah dan tanam pohon. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menjaga kelestarian pantai. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID - Para pekerja di lingkungan Pertamina Group wilayah Balongan melakukan aksi memungut sampah dan menanam pohon. Program pemulihan lingkungan ini dipusatkan di kawasan obyek wisata Pantai Tirta Ayu.

General Manager Project Balongan, Sugeng Firmanto mengatakan, kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (3/12) itu dilaksanakan guna menjaga pesisir pantai di wilayah Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu tetap bersih dan terjaga kelestariannya. 

Pertamina Group wilayah Balongan melakukan aksi kolaborasi bersih-bersih pantai bertajuk Collaborative Coastal Clean Up.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan inisiasi Pertamina Project Balongan (Project RDMP) bersama PT Kilang Pertamina Internasional Unit Balongan, Pertamina Gas and Oil Transportation, dan Integrated Terminal Balongan MOR 3. 

BACA JUGA:Sehari 2 Pekerja Migran Tewas, Waspadai Pemberangkatan Ilegal

Serta melibatkan unsur Muspika Kecamatan Balongan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, dan masyarakat Kecamatan Balongan.

"Selain melakukan aksi pungut sampah di pantai, sebanyak 325 pohon cemara laut juga ditanam di sepanjang Pantai Tirta Ayu dan wilayah sekitarnya," jelas Sugeng, kemarin.

Dia menyebutkan, kegiatan Coastal Clean Up ini digelar dalam rangka memperingati HUT PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) ke-5, sekaligus menyambut HUT ke-65 PT Pertamina (Persero).

Sementara itu, konsep penanaman pohon cemara laut ini yakni 5x65 pohon. Hal ini menyesuaikan dengan HUT KPI dan HUT Pertamina (Persero). Sehingga jika ditotalkan ada sebanyak 325 cemara laut yang ditanam.

BACA JUGA:216 Pasangan Ikuti Itsbat Nikah Terpadu

Pihaknya juga sudah menyiapkan agenda berikutnya yang berencana akan dilakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di pesisir pantai. Dengan penanaman yang massif, pihaknya berharap bisa mensupport pencapaian rating Environment, Social and Government (ESG) Pertamina Holding.

"Kegiatannya nanti diharapkan bisa mencegah abrasi, sekaligus memperindah pantai dan menarik wisatawan sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar," ungkap Sugeng.

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI Unit Balongan, Imam Rismanto menyampaikan, kolaborasi kegiatan Coastal Clean Up atau bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu perwujudan tata Nilai Akhlak yang diimplementasikan dalam kegiatan yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan.

Menurutnya, jauh sebelum Pantai Tirta Ayu menjadi objek wisata, Kilang Pertamina Balongan juga telah mulai melakukan penanaman cemara melalui program pemulihan lingkungan. 

Sumber: