Ini Manfaat Besar dari Aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps

Ini Manfaat Besar dari Aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan Aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps. Warga Jabar mendapat banyak manfaat dan kemudahan di dalamnya--

KOTA BANDUNG, RAKYATCIREBON.ID Berikut ini Manfaat Besar dari Aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps yang diluncurkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil Minggu 18 Desember 2022.

Aplikasi Sapawarta Jabar Super Apps, merupakan transformasi dari aplikasi sapawarga yang sudah lebih dulu dikembangkan Pemprov Jabar.

Dalam aplikasi Sapawarga yang lama itu, digunakan untuk menyerap aspirasi masyarakat melalui Ketua RW langsung tembus ke Gubernur Jabar.

Nah dengan aplikasi Jabar Super Apps terbaru ini, masyarakat Jabar bisa mendapatkan berbagai layanan publik dengan mudah.

Berbagai layanan publik itu bisa diakses mudah dari satu aplikasi yang dinamakan Aplikasi Sapawarga Jabar Super Apps.

Layanan publik yang dapat diakses itu antara lain, urusan perpajakan, layanan kesehatan, informasi lowongan kerja, hingga urusan kependudukan. Termasuk dalam hal ini Sapawarga RW yang menjadi embrio Jabar Super Apps juga tetap dijalankan dalam aplikasi tersebut.

BACA JUGA:Telkomsel Gelar Poin Festival 2022

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Jabar Super Apps di Stadion Pekansari Kabupaten Bogor hari ini 18 Desember 2022.

“Peristiwa bersejarah, hari ini Jabar punya Super Apps yang mana semua urusan ada dalam satu aplikasi,” ujar Ridwan Kamil.

Aplikasi ini lanjut Ridwan Kamil, akan mengonsolidasi berbagai layanan masyarakat dari setiap kabupaten dan kota.

Salah satu misalnya untuk layanan pajak kendaraan bermotor (PKB) di Jabar Super Apps, mampu memangkas proses pembayaran menjadi lebih cepat. Bahkan dalam waktu dekat juga akan ada pengesahan di aplikasi tersebut.

“Kita bayar hanya empat langkah, di Jatim tujuh langkah, DKI Jakarta lima langkah. Dalam waktu dekat tidak usah pengesahan ke kantor polisi, ini sedang diusahakan,” kata Ridwan Kamil.

Manfaat lain dari aplikasi ini, masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan seperti jadwal vaksinasi, klinik dokter, juga tersedia di Jabar Super Apps.

BACA JUGA:Colomadu, Tempat Tinggal yang Dipilih Jokowi Usai Jadi Presiden

Selalin itu Ridwan Kamil juga berharap dengan aplikasi ini masyarakat memperoleh manfaat lain. Misalnya seperti informasi lowongan kerja, dan paling penting penyerapan tenaga kerjanya tinggi sehingga pengangguran dapat diturunkan.

“Bagi yang masih menganggur kalau ingin tahu hari ini dimana ada lowongan bisa akses di Jabar Super Apps. Termasuk permohonan KTP digital dan Sapawarga,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini hampir semua masyarakat memiliki gawai yang tak hanya untuk berkomunikasi, tapi juga untuk memudahkan segala urusan.

Maka dari itu Jabar Super Apps dibuat memang dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat yang sudah serba digital itu.

“Masyarakat kita digital, hampir tidak ada penduduk yang tidak punya hape, dan sekarang bukan hanya sebagai alat komunikasi, sekarang baca berita, medsos, rapat, jualan, belajar, semua kegunaan ada di hape, ” ujar Ridwan Kamil.

BACA JUGA:Plesetkan Nama Pemain Prancis, Sergio Kun Aguero Dikecam

Pada hari ini, Ridwan Kamil juga tak hanya meluncurkan aplikasi Jabar Super Apps. Ia juga menyerahkan Dana Bagi hasil (DBH) kepada 27 kabupaten/kota. Dan pada hari ini Kabupaten Bogor menjadi penerima DBH terbesar yakni Rp952 miliar.

“Kabupaten Bogor DBH dari Jabar Rp952 miliar, paling besar karena penduduknya besar maka mendapatkan porsi terbesar,” ucap Ridwan Kamil.

Selain itu Ridwan Kamil juga menandatangani komitmen bersama dengan 27 bupati dan wali kota mengenai integrasi data layanan publik Jabar.

Ridwan Kamil jugamenyerahkan penghargaan Anugerah Philotra kepada stakeholders dan masyarakat yang berkontribusi terhadap optimalisasi pendapatan daerah.

Sumber: