Demokrat Sebut AHY Masih Teratas untuk Pendamping Anies

Demokrat Sebut AHY Masih Teratas untuk Pendamping Anies

Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (Anies-AHY)--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengklaim Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selalu berada di papan atas capres dan cawapres dalam survei Pilpres 2024.

Namun Herzaky menyebut kriteria yang terpenting salah satunya adalah elektabilitas.

Baik elektabilitas personal maupun elektabilitas ketika simulasi berpasangan Capres-Cawapres yang terpotret melalui survei, harus menjadi faktor rujukan.

“Mas Anies dan Ketua Umum kami, Mas AHY, selalu berada di papan atas capres maupun cawapres. Selaras pula dengan keinginan kader dan konstituen kami, bahwa nama Anies-AHY yang paling sering disebut-sebut,” tuturnya, Jumat (23/12).

Meskipun, lanjut Herzaky, pada akhirnya keputusan capres-cawapres di internal Demokrat bakal ditentukan oleh Majelis Tinggi Partai Demokrat.

Koalisi Perubahan yang dibentuk Demokrat, Nasdem, dan PKS memegang prinsip equal partnership, sehingga bebas mengusulkan siapapun sebagai cawapres dari Anies Baswedan.

Oleh karena itu, dipersilakan jika Nasdem ataupun PKS mengusulkan nama-nama capres atau cawapres.

Begitu pula dengan Partai Demokrat, bebas pula mengusulkan siapa saja cawapres untuk duet bersama Anies Baswedan.

“Rasional, bahwa pada prinsipnya koalisi ini ingin menang, bukan sekadar meramaikan kontestasi Pilpres,” kata Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Hingga saat ini, Demokrat masih terus menyerap aspirasi kader dan konstituen, mencermati berbagai masukan dan data, termasuk hasil dari berbagai lembaga survei, serta terus berkomunikasi dengan mitra Koalisi Perubahan.

“Setelah tuntas di Majelis Tinggi Partai Demokrat, barulah akan kami bawa ke Koalisi Perubahan. Di Koalisi Perubahan, capres dan cawapres dibahas dan ditentukan secara bersama-sama oleh kami bertiga, Demokrat, PKS, dan Nasdem,” kata Herzaky. (pojoksatu/fajar/rakcer)

Sumber: