Ada Sejak 50 Ribu Tahun Silam, Manusia Flores Diduga Masih Berkeliaran, Seperti dalam Kisah LOTR

Ada Sejak 50 Ribu Tahun Silam, Manusia Flores Diduga Masih Berkeliaran, Seperti dalam Kisah LOTR

Kerangka Manusia Flores--

RAKYATCIREBON.ID, TAHUN 2003 silam, para arkeolog yang mencari bukti migrasi manusia modern dari Asia ke Australia menemukan kerangka kecil cukup lengkap dari spesies manusia yang sudah lama punah di pulau Flores, Indonesia.

Kerangka kecil tersebut kemudian disebut sebagai Homo floresiensis, atau yang kemudian disebut sebagai hobbit merujuk kepada makhluk kreasi J.R.R. Tolkien dalam kisah fiksi The Lord of the Rings (LOTR)  dan adaptasi filmnya yang populer.

Spesies ini awalnya dianggap berumur 12.000 tahun. Namun setelah analisis lebih lanjut, ternyata umur kerangka tersebut sekitar 50.000 tahun.

Tapi seorang pensiunan profesor antropologi di University of Alberta mengatakan bahwa bukti kelangsungan hidup spesies itu telah terabaikan, dan manusia Flores mungkin masih hidup sampai sekarang.

BACA JUGA: Lukas Enambe Ditangkap KPK saat Makan di Restoran, Kasus Suap dan Gratifikasi

Dalam sebuah opini untuk The Scientist yang mempromosikan bukunya berjudul Between Ape and Human, Gregory Forth berpendapat bahwa ahli paleontologi dan ilmuwan lain telah mengabaikan pengetahuan pribumi dan kisah tentang "manusia kera" yang hidup di hutan Flores.

"Tujuan saya dalam menulis buku ini adalah untuk menemukan penjelasan terbaik - yaitu, yang paling rasional dan paling didukung secara empiris - tentang kisah dari suku Lio" tulis Forth dalam tulisan, dikutip dari Ifl Science, Senin (9/1/2023).

"Ini termasuk laporan penampakan oleh lebih dari 30 saksi mata, yang semuanya saya ajak bicara secara langsung. Dan saya menyimpulkan bahwa cara terbaik untuk menjelaskan apa yang mereka katakan kepada saya adalah bahwa hominin non-sapiens telah bertahan di Flores hingga saat ini atau baru-baru ini." imbuhnya.

Dia menulis bahwa zoologi dari warga lokal suku Lio yang mendiami pulau itu berisi cerita tentang manusia yang berubah menjadi hewan saat mereka bergerak dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Dia samakan makhkluk itu dengan sejenis Lamarckisme, pewarisan karakteristik fisik yang didapat.

"Seperti yang diungkapkan oleh penelitian lapangan saya, perubahan yang dikemukakan seperti itu mencerminkan pengamatan lokal tentang kesamaan dan perbedaan antara spesies nenek moyang dan keturunannya yang berbeda," terangnya

Ia mengidentifikasi makhluk ini sebagai hewan, tidak memiliki bahasa atau teknologi rumit yang dimiliki manusia. Namun, mereka disebut sangat mirip dengan manusia.

"Bagi suku Lio, penampilan manusia-kera sebagai sesuatu yang tidak sepenuhnya manusia membuat makhluk itu menjadi anomali dan karenanya bermasalah dan mengganggu," terang Forth.

Untuk saat ini, waktu terdekat hidup makhluk ini sekitar 50.000 tahun yang lalu. Tapi Forth mendesak agar pengetahuan dari para penduduk lokal dimasukkan untuk menyelidiki evolusi hominin.

"Apa yang mereka katakan tentang makhluk itu, ditambah dengan bukti lain, sepenuhnya konsisten dengan spesies hominin yang masih hidup, atau yang hanya punah dalam 100 tahun terakhir." pungkasnya.
(dem/rakcer)

Sumber: