Ini Hasil Survei Terbaru, Capres Ganjar, Anies, dan Prabowo, Puan Masih Jauuuhh...

Ini Hasil Survei Terbaru, Capres Ganjar, Anies, dan Prabowo, Puan Masih Jauuuhh...

Direktur LSI, Djayadi Hanan--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Hasil Survei Terbaru Elektabilitas Kandidat Capres 3 Simulasi, Ganjar & Puan Ojo Dibandingke.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei elektabilitas para kandidat calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

Survei LSI dilakukan pada 7 sampai 11 Januari 2023, dengan jumlah responden sebanyak 1.221 yang dipilih melalui pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Hasil survei LSI menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul dalam simulasi Pilpres 2024 dengan 19, 10, dan 3 nama capres.

Direktur LSI, Djayadi Hanan saat memaparkan hasil survei menyebutkan dalam simulasi pilpres dengan 19 nama kandidat itu Ganjar unggul dengan perolehan dukungan sebesar 27,2 persen.

"Dalam simulasi 19 nama, seperti biasa, masih yang unggul adalah Ganjar Pranowo 27,2 persen," kata Djayadi saat memaparkan survei "Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Bahan Pokok dan BBM, serta Peta Politik Terkini".

Simulasi Pilpres dengan 19 Nama Kandidat:
1. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 27,2 persen
2. Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 16,8 persen
3. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 16 persen
4. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,2 persen.
5. Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,4 persen
6. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 2,1 persen
7. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,8 persen
8. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir 1,3 persen.
"Sementara itu, 18,1 persen belum memilih," lanjut Djayadi.
 

Simulasi Pilpres dengan 10 Nama Kandidat:
1. Ganjar Pranowo 29,2 persen
2. Prabowo Subianto 19,4 persen
3. Anies Baswedan 16,5 persen
4. Ridwan Kamil 8,7 persen
5. Sandiaga Uno 3,4 persen
6. AHY 1,9, persen
7. Erick Thohir 1,6 persen.

Simulasi Pilpres dengan 3 Nama Kandidat:
1. Ganjar Pranowo 36,3 persen
2. Anies Baswedan 24,2 persen
3. Prabowo Subianto memperoleh 23,2 persen.


"Sebanyak 16,3 responden lainnya menyatakan tidak tahu. Jadi, Prabowo dan Anies pada Januari 2023 berada pada posisi saling kejar," tambah Djayadi.

Menurut Djayadi, tingginya elektabilitas Ganjar Pranowo salah satunya disebabkan oleh tingkat kepercayaan publik yang meningkat terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Hasil survei terbaru LSI ini menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Jokowi mencapai 76,2 persen.
Basis dukungan terhadap Ganjar Pranowo juga memiliki pola yang mirip dengan basis dukungan PDI Perjuangan, yaitu didorong oleh basis pemilih Jokowi pada Pilpres 2019.

"Hal yang sama (basis dukungan Ganjar) juga berlaku terhadap kelompok masyarakat yang semakin puas atas kinerja Jokowi," katanya. Survei LSI tersebut menargetkan populasi warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.
 
Mereka dipilih sebagai responden dengan metode pemilihan sampel random digit dialing (RDD), yakni teknik memilih sampel melalui pembangkitan nomor telepon secara acak.

"Dengan metode itu, sebanyak 1.221 responden dipilih melalui pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening," ujar Djayadi.

Sumber: