Maret 2023 Tol Cisumdawu Dioperasikan, Masyarakat Kuningan Kebagian Dampaknya, Simak...

 Maret 2023 Tol Cisumdawu Dioperasikan, Masyarakat Kuningan Kebagian Dampaknya, Simak...

Kepala Dinas PMTSP Kuningan Agus Sadeli--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Pemerintah menargetkan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu segera selesai dalam waktu dekat, tepatnya Februari atau Maret 2023.

Terbukanya akses tol dari Cisandawu akan berimbas kepada Kabupaten Kuningan, meski daerah ini bukan berada tepat di jalur tol tersebut.

Jika selama ini akses ke Bandung dari Kuningan melalui jalan arteri Sumedang atau lewat tol Cipali kemudian Cipularang, maka dibukanya Tol Cisundawu akan mempersempit waktu tempuh dari Kuningan. Hanya dengan tiga jam melalui Tol Cisundawu, warga Kuningan bisa lebih cepat jika ingin ke Bandung.
 
BACA JUGA: Ini Hasil Survei Terbaru, Capres Ganjar, Anies, dan Prabowo, Puan Masih Jauuuhh...
 
Selain mempercepat waktu tempuh, Kabupaten Kuningan juga mengincar para investor dari Bandung untuk menanamkan modalnya di Kuningan.

Kepala Dinas PMTSP Kuningan Agus Sadeli menyebutkan banyak dampak positif bagi Kuningan dari beroperasinya Tol Cisandawu
 
"Saya sangat optimistis, Kuningan akan merasakan dampak positif dari selesainya pembangunan Tol Cisandawu. Terutama dari sektor investasi dan pariwisata," tutur Agus Sadeli, Selasa 24 Januari 2023.
 
BACA JUGA: Viral Video Bayi Diberi Minum Good Day, Gara-gara Ada Susunya
 
Terlebih Kabupaten Kuningan juga sudah menyiapkan kawasan industri terpadu di wilayah Kuningan timur. Sehingga investor bisa membuka usahanya yang sudah ditetapkan pemerintah daerah.
 
"Investor tentu membutuhkan kenyamanan dan kepastian ketika menanamkan modalnya. Dan Kuningan sudah siap menyongsongnya. Apalagi dengan akses dari Bandung ke Kuningan yang semakin mudah dan cepat," tutur Agus.
 
Salah satu cara yang disiapkan pemkab menyongsong era baru Tol Cisandawu itu adalah melakukan revisi Perda RTRW. Saat ini, Raperda RTRW sudah masuk dalam Prolegda dan akan memasuki tahap pembahasan.
 
BACA JUGA: Ini Alasan Menag RI Menaikkan Ongkos Naik Haji, Dianggap Masuk Akal
 
"Di Raperda RTRW ini ada zonasi kawasan. Kawasan mana untuk industri, mana zona wisata, dan mana untuk zona pertanian. Pada prinsipnya, investor yang akan membuka industri di Kuningan, harus jenis industri ramah lingkungan," jelas dia.
 
Disamping sektor investasi industri, kata Agus, dibukanya Tol Cisandawu juga akan mengerek meningkatnya kunjungan wisatan dari Bandung ke Kuningan. Itu berarti akan meningkatkan pendapatan daerah.
 
"Ada sejumlah titik wisata di Kuningan yang sekarang ini berkembang pesat. Seperti di Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Nantinya, wisatawan dari Bandung bisa langsung ke Kuningan via Tol Cisandawu dan exit di Ciperna. Ini potensi yang besar bagi Kuningan dari dunia pariwisata," ungkap Agus.
 
Namun Agus mengingatkan agar pelaku wisata mulai sekarang mempersiapkan diri menjelang dibukanya Tol Cisandawu. Terutama menambah fasilitas untuk memuaskan wisatawan.

"Tak menutup kemungkinan, kran kunjungan wisatawan dari Bandung nanti akan meningkat pesat," sebut dia. (Agus/Rakcer)

Sumber: