Orang Tua, Mohon Ajarkan Si Anak Jika Diberi Uang oleh Orang Tak Dikenal di Sekolah, Modus Penculikan!

 Orang Tua, Mohon Ajarkan Si Anak Jika Diberi Uang oleh Orang Tak Dikenal di Sekolah, Modus Penculikan!

Bhabinkamtibmas Polsek Ciniru Brigadir Ikeu Devi Arisandi saat menenangkan siswa yang nyaris menjadi korban penculikan oleh dua pelaku. (Istimewa)--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Orang tua yang mempunyai anak sedang sekolah di Sekolah Dasar (SD), wajib waspada. Sebab, aksi penculikan anak bisa terjadi kapan saja.

Ini terjadi di Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Peristiwa yang menggegerkan warga Cipedes tersebut terjadi hari Rabu 25 Januari 2023 sekitar pukul 09.30 saat jam istirahat sekolah.
 
Dalam kejadian ini, seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar nyaris menjadi korban penculikan dua pria dewasa. Untungnya, sang anak berhasil melarikan diri dari penculiknya.

Pelaku yang berjumlah dua orang itu akhirnya kabur setelah anak yang diincarnya berlari menuju pesantren yang tak jauh dari lokasi kejadian.

BACA JUGA: Mister X Tewas Tersambar Kereta Api di Danamulya Plumbon, Pakai Kaos Prabowo-Sandi

Bhabinkamtibmas Desa Cipedes, Brigadir Ikeu Devi Arisandi menerangkan, awalnya, siswa yang nyaris jadi korban penculikan itu sedang bermain bersama rekannya karena jam istirahat sekolah. Tak lama kemudian datang dua orang pria memakai helm tertutup, dan jaket menggunakan motor.
 
Salah satu pelaku turun dan menghampiri korbannya. Pelaku mengiming imingi uang Rp10 ribu dan membujuk anak tersebut untuk jajan.
 
Tertarik dengan tawaran pelaku yang mengajaknya jajan, korban mengikuti keinginan pelaku. Uang selembar Rp10 ribu dipegang korban.

Korban berinisial Fd dan duduk di kelas III SDN 3 Cipedes itu berjalan mendekati motor pelaku. Di saat kedua pelaku lengah, Fd langsung melarikan diri menghindar dari para pelaku
 
"Setelah memberi uang Rp10 ribu, pelaku menyuruh korban untuk naik ke motornya. Tapi si anak yang tahu dalam bahaya, memilih untuk lari ke arah pesantren. Korban bersembunyi dibalik tembok. Setelah para pelaku pergi barulah anak itu keluar dari persembunyiannya," terang Brigadir Ikeu kepada radarkuningan.com.
 

BACA JUGA: Resmikan Pusat Distribusi, Ridwan Kamil Yakin Bisa Kendalikan Inflasi di Jawa Barat


Karena aksi cerdiknya, korban berhasil lolos dari penculikan yang dilakukan oleh dua pelaku. Hingga saat ini, kedua pelaku masih dalam pengejaran polisi. Ciri ciri pelaku memakai helm tertutup dan jaket.
 
"Peristiwa percobaan penculikan itu benar terjadi. Korban masih kelas 3 di SDN 3 Cipedes, Kecamatah Ciniru. Modus pelaku yakni memberi uang dan menyuruh anak jajan. Untung Fd berhasil lari dari para pelaku yang mengincarnya," ungkap Brigadir Ikeu, Kamis 26 Januari 2023.
 
Brigadir Ikeu melanjutkan, untuk mencegah kejadian serupa terulang, pihaknya mengadakan pertemuan dengan pemdes, pihak sekolah, komite sekolah, orang tua siswa dan Polsek Ciniru.
 
"Hari ini kami mengadakan pertemuan bersama di aula sekolah. Tujuannya memgingatkan pihak sekolah, orang tua siswa dan masyarakat untuk selalu waspada," katanya. (Agus)

Sumber: