Ini Kesalahan Affiati yang Membuatnya Dipecat Gerindra, HZM Membela, Pastikan Karir Politik Istrinya Berlanjut

Ini Kesalahan Affiati yang Membuatnya Dipecat Gerindra, HZM Membela, Pastikan Karir Politik Istrinya Berlanjut

Suami Affiati, H Zaenal Muttaqin pasang badan membela istrinya, yang saat ini sedang diusulkan untuk di PAW dari posisinya sebagai anggota DPRD Fraksi Gerindra. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Suami Affiati, yang juga Bakal Calon Legislatif DPR-RI Dapil Jabar VIII, H Zaenal Muttaqin turut bereaksi menanggapi rencana pemecatan, dan Penggantian Antar Waktu (PAW) istrinya sebagai anggota DPRD Kota Cirebon, oleh partai Gerindra.

HZM terang-terangan membela sang istri, terlebih mengenai faktor-faktor penyebab, yang diduga menjadi pertimbangan DPC Partai Gerindra, melayangkan surat permohonan pemecatan dan usul PAW kepada DPP.

Sebagaimana diketahui, beberapa pertimbangan yang dijadikan dasar Partai Gerindra memecat Affiati, diantaranya adalah, sudah sejak pertengahan tahun 2022 lalu, Affiati tidak menunaikan kewajiban keuangannya, membayar uang pangkal, sebagai anggota DPRD Fraksi Gerindra, kepada partai.

Hal tersebut dinilai DPC, menjadi penghambat turunnya dana operasional DPC dari DPP. Pasalnya, sistem di partai Gerindra, setiap legislatornya, menyetor uang pangkal langsung ke DPP, kemudian, dari 100 persen yang disetorkan, 60 persen akan diturunkan DPP, ke masing-masing DPC untuk dana operasional partai.

BACA JUGA: Warga Warukawung Budidaya Ikan, Manfaatkan Tumpukan Sampah untuk Pakannya

Namun yang menjadi hambatan, 60 persen dana operasional, tidak akan diturunkan DPP, manakala ada salahsatu legislator, jika di Kota Cirebon, ada satu dari enam legislator, yang belum menunaikan kewajibannya.

Selain itu, pertimbangan lain, adalah karena Affiati sudah tidak pernah hadir, dan ikut di agenda-agenda partai, seperti rapat di DPC, Bintek partai, Diklat partai, Rapimnas, bahkan sampai pada agenda besar partai setingkat HUT ke-15 Partai Gerindra, Affiati pun tak menghadirinya.

HZM mengakui, bahwa sejak Agustus, istrinya tidak menunaikan kewajiban uang pangkal sebagai legislator Gerindra kepada partai.

"Memang sudah tidak, setelah beliau (Affiati, red) dilengserkan partainya sendiri," ucap HZM.

Dikatakan HZM, jika memang partai menilai, bahwa istrinya sudah lama melakukan tindakan indisipliner terhadap partai, ia malah balik bertanya, mengapa tidak sejak dulu pemecatan dilakukan terhadap Affiati.

"Kenapa baru sekarang ??, Kalau sudah sejak dulu melakukan pelanggaran, tentu sebagai kader, Ibu Affiati akan legawa, terlebih yang sudah dilakukan partainya selama ini," jelas HZM.

Tak hanya membela, HZM pun memastikan, karir politik istrinya akan berlanjut, dan meskipun tidak di Gerindra, akan ada partai yang lebih menghargai Affiati.

"Ibu Affiati akan maju melalui partai yang lebih membutuhkan dirinya," imbuh HZM.

BACA JUGA: Muktamar Mulai Hari Ini di Balikpapan, PDPM Kabupaten Cirebon Jagokan Reza Arfah

Sumber: