Wisata Kuningan akan Dijual Paket 2 Hari 3 Malam, Menteri Sandi Uno Bantu Promosi

Wisata Kuningan akan Dijual Paket 2 Hari 3 Malam,  Menteri Sandi Uno Bantu Promosi

Menparekraf, Sandiaga Uno didampingi Bupati Kuningan, H Acep Purnama. Foto: -M Taufik-Radarcirebon.com--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN – Paket wisata 2 hari 3 malam di Kuningan akan dibuat oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Hal itu dia katakan dalam kunjungannya ke Kabupaten Kuningan pada Selasa 28 Februari 2023.

Menparekraf dan rombongan berangkat dari Jakarta pada Selasa pagi. Transit di Cirebon kemudian berkunjung ke Kuningan pada siang harinya.

Ada beberapa agenda penting yang dihadiri Sandiaga Uno di Kota Kuda, termasuk berdialog dengan masyarakat di dua objek wisata unggulan Kuningan.

Dalam kesempatan, Menpraekraf memuji potensi wisata alam yang ada di Kabupaten Kuningan.

Menurut dia, kota kecil di lereng Gunung Ciremai ini berpotensi menjadi seperti Bogor yang menjadi daerah penyangga ibukota.

"Perjalanan saya dari Jakarta tadi pagi menggunakan kereta Panoramic yang atapnya kaca. Sehingga bisa menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan hingga Cirebon," tuturnya.

Dari Cirebon Sandi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Kuningan menggunakan mobil. Menurut dia, dengan kecepatan biasa saja.

“Ternyata bisa ditempuh dalam waktu kurang dari tiga jam saja. Ini lebih cepat dari perjalanan ke Puncak Bogor yang bisa mencapai empat jam perjalanan karena macet,” ujarnya.

Waktu tempuh dari Jakarta ke Kuningan yang relatif singkat itu, menurut Sandi, bisa menjadi keuntungan tersendiri.

"Ini menjadi alternatif wisatawan dari Jakarta yang ingin merasakan keindahan alam dan udara sejuk pegunungan tidak perlu lagi ke Bogor. Karena bisa didapat juga di Kuningan," papar Sandi.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengatakan, dirinya akan membantu pemasaran potensi wisata Kabupaten Kuningan.

Dia menegaskan, bakal mempromosilan Kabupaten Kuningan dengan berbagai cara.

Antara lain menggunakan aplikasi online seperti Tiket.com dan Traveloka sehingga memudahkan para wisatawan mengenal potensi wisata di Kuningan.

"Saya akan buat paket wisata dua hari tiga malam berwisata ke Kabupaten Kuningan,” katanya.

“Wisatawan bisa mengunjungi beberapa objek wisata unggulan di Kabupaten Kuningan seperti Desa Wisata Cibuntu, Palutungan dan lainnya dengan harga menarik," jelas Menparekraf Sandiaga Uno.

Menurut Sandi, pemerintah terus berupaya menumbuhkan kembali pergerakan pariwisata Nusantara yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Presidan Jokowi, lanjutnya, telah menentukan target untuk Kemenparekraf untuk meningkatkan pergerakan pariwisata nusantara tahun ini hingga 1,4 miliar orang.

Nah, target itu menjadi tantangan tersendiri baginya. Maka, menurut Sandi, setiap daerah harus mempunyai strategi untuk meningkatkan daya tarik wisata.

Salah satu caranya adalah dengan mengadakan even, baik yang bertaraf tingkat daerah, nasional maupun internasional.

"Saya mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Kabupaten Kuningan yang sudah punya agenda tahunan Tour de Linggarjati yang berskala internasional,” ungkapnya.

“Insya Allah ke depan even ini akan lebih dikenal dan banyak mendapat apresiasi wisatawan domestik maupun internasional," tambah Sandi lagi.(fik)

Sumber: