Demokrat Resmi Deklarasikan Anies, AHY: Kapal Koalisi Siap Berlayar

Demokrat Resmi Deklarasikan Anies, AHY: Kapal Koalisi Siap Berlayar

Bakal calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan saat dideklarasikan didepan para kader partai Demokrat di markasnya. FOTO: IST FOR RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Meskipun sudah sejak lama menyatakan dukungan, dan siap mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai sosok bakal calon presiden, Partai Demokrat, sebagai salahsatu parpol di dalam koalisi Perubahan, bersama NasDem dan PKS, secara resmi sudah mendeklarasikan dukungan.

Kamis (02/03), Anies kembali bertandang ke markas Partai Demokrat, dan pada momentum tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan bahwa saat ini, gabungan koalisi partai politik untuk membangun perahu koalisi Perubahan sudah lengkap.

BACA JUGA: Jalan Kaliwulu Sudah Seperti Bubur, Hancur Lebur dan Berlumpur

Beberapa hari sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), juga secara resmi mendeklarasikan Anies sebagai bacapresnya, yang disusul oleh Demokrat. Sudah tiga parpol koalisi perubahan yang sudah deklarasi, lengkap sudah perahu yang akan mengantarkan Anies pada Pilpres 2024 mendatang.

"Koalisi perubahan sudah lengkap, sudah solid, kita siap berlayar," ungkap AHY, melalui koordinator juru bicara DPP Partai Demokrat.

Sebelumnya, pada Rabu (01/03) malam, Majelis Tinggi Partai Demokrat pun melaksanakan rapat, yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Tinggi, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Keputusan partai ini merupakan kewenangan yang dimiliki majelis tinggi, sebagai ketetapan hukum Partai Demokrat, sesuai yang diatur dalam AD/ART Partai Demokrat tahun 2020.

Setelah itu, ketua majelis tinggi Partai Demokrat pun bertemu langsung dengan Anies, dimana pada kesempatan tersebut, Anies menyampaikan tanggapan, sekaligus menyampaikan visi dan gagasan besarnya untuk Indonesia. Keduanya bertemu sebagai sesama negarawan.

Antara Partai Demokrat dan Anies, dikatakan AHY, memiliki banyak sekali kesamaan cara pandang, sehingga Demokrat bulan mendeklarasikan dukungan secara resmi untuk Anies Rasyid Baswedan.

"Dengan kerendahan hati, mas Anies menerima amanah besar ini, mengemban amanah besar ini, dan Insya Allah beliau siap untuk berjalan bersama-sama menuju perubahan dan perbaikan," kata AHY.

Sementara itu, Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Ir H Herman Khaeron, yang turut menyambut kehadiran Anies Baswedan, meyakini Anies dapat membawa indonesia lebih baik dan lebih sejahtera.

Ditegaskan Hero, sapaan akrabnya, negara Indonesia harus dipimpin oleh figur yang memiliki integritas, kapasitas, kapabilitas, dan pengalaman yang mumpumi, dan itu ada pada sosok Anies Rasyid Baswedan, sehingga Indonesia kedepan semakin kuat, serta mampu memberikan rasa keadilan dan kemakmuran pada seluruh rakyatnya.

"Untuk itulah Demokrat tegas mengusung pak Anies," ucap Hero.

BACA JUGA: Solusi Jalan Tengah, Tidak Menghapuskan Tenaga Honorer, tapi Opsi Pengangkatan Bebannya Berat

Terkait bakal calon wakil presiden, yang nantinya akan mendampingi Anies, ditambahkan Hero, secara pribadi, dan subjektif, sebagai kader Demokrat, ia tentu mengharapkan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai pendamping Anies.

Bukan tanpa alasan, kata Hero, selain memiliki kemampuan dan elektabilitas yang cukup, antara keduanya juga sudah terbangun chemistry yang kuat, sehingga bisa saling melengkapi, tentu selain keduanya dapat merepresentasikan generasi milenial.

"Mas AHY juga berlatar belakang militer yang telah teruji jiwa nasionalismenya dalam berbagai medan pengabdian, dan saat ini memimpin partai Demokrat dengan sangat baik. Kandidat terkuat pada akhirnya akan ditentukan Anies," imbuh Hero. (sep)

Sumber: