Kantor Baru, Bawaslu Kab Cirebon Diminta Maksimalkan Kinerja

Kantor Baru, Bawaslu Kab Cirebon Diminta Maksimalkan Kinerja

Simbolis, Ketua Bawaslu Jawa Barat dan Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon membuka tirai tanda diresmikannya sekretariat sementara Bawaslu Kab Cirebon. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Bawaslu Kabupaten Cirebon diminta agar memaksimalkan kinerja, sesuai dengan tugas dan fungsinya. Hal itu, disampaikan Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah Dahlan ketika menghadiri peresmian kantor sekretariat baru Bawaslu Kab Cirebon, Senin (6/3).

"Bawaslu Kabupaten Cirebon harus bisa memaksimalkan tugas sesuai dengan fungsi dari Bawaslu pada pelaksanaan Pemilu 2024 nanti," katanya.

Diharapkan, hadirnya sekretariat yang baru ini, lanjut dia, bisa menjadi motivasi baru untuk lebih semangat dalam menjalani tugas lembaga dengan baik. Ia pun menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon yang sudah memberikan fasilitas berupa bangunan untuk Sekretariat Bawaslu Kabupaten Cirebon.

Adapun terkait pelaksanaan Pemilu di Jawa Barat, Abdullah mengatakan, kalau pemilu 2024 adalah momentum yang sangat penting untuk masyarakat yang dapat menentukan transisi kekuasaan yang konstitusional dan ini sangat strategis pagi pemilih, untuk itu pastikan apakah masyarakat harus memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

"Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat untuk bisa melakukan pengecekan sendiri bisa melalui link yang dimiliki KPU dan bisa diakses dengan menggunakan headphone," katanya.

Abdullah juga mengatakan saat ini tahapan dari pelaksanaan Pemilu adalah tahapan Coklit oleh Pantarlih dimana kalau ada masyarakat yang merasa belum di coklat oleh petugas dipersilahkan untuk melaporkan kepada Bawaslu.

"Ini bagian dari komitmen kami dalam menjaga hak pilih warga masyarakat, jadi kalau belum ada di Coklit silahkan laporkan kepada kami, karena saat ini jajaran Bawaslu sendiri saat ini sudah berada disetiap desa-desa di Jawa Barat," katanya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang telah memberikan fasilitas berupa kantor sementara dan juga tanah yang berlokasi di kelurahan Kenanga.

"Sebagai mana sudah disampaikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat kami juga akan memberikan kinerja akan lebih dengan adanya sekretariat yang baru ini," katanya.

"Sebagai mana sudah disampaikan pihak Pemda bahwa ditahun 2023 kita akan segerakan untuk melakukan DED ditahun 2024 dilakukan pembangunan kantor sekretariat permanen di Kenanga," pungkasnya. (zen)

Sumber: