Dosen-dosen Bollywood Datang ke Kota Cirebon, Memberi Pelatihan Apa?

Dosen-dosen Bollywood Datang ke Kota Cirebon, Memberi Pelatihan Apa?

Trainer, yang juga merupakan dosen Chitkara University, India memberikan pelatihan kepada pelaku UKM binaan DKUKMPP, Selasa (28/03). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Selasa (28/03), Kota Cirebon dikunjungi dosen-dosen dari Hindustan, atau negara Bollywood Mereka adalah dosen dari Chitkara University India.

Kedatangan mereka untuk melakukan program kerjasama di sektor pendidikan perguruan tinggi, antara Pemkot Cirebon, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP), serta Telkom University.

Dua perguruan tinggi dalam dan luar negeri tersebut tengah melakukan program "Capacity Improvement Trough Digital Business Development For Micro Small and Medium Enterprises In Cirebon City", yang memang Kota Cirebon dipilih sebagai lokusnya.

Program tersebut, merupakan program pengabdian kepada masyarakat yang digagas oleh dua perguruan tinggi, Indonesia dan India, denga skala Internasional.

Dari program kerjasama dan kolaborasi tersebut, tentu kedua pihak saling diuntungkan, dimana pihak perguruan tinggi bisa menjalankan fungsi tri dharma perguruan tinggi-nya yang berskala Internasional.

Sedangkan Government, dalam hal ini, Pemkot Cirebon, yang direpresentasikan oleh dua perangkat daerahnya, mendapatkan kesempatan untuk bisa memperkenalkan Kota Cirebon lebih jauh kepada dunia Internasional.

Salahsatu yang ditonjolkan adalah, kualitas peningkatan ekonomi kerakyatan, Usaha Kecil Menengah (UKM) melalui hadirnya MALL UKM.

Selain itu, Pemkot juga bisa mendapatkan pengetahuan dan ilmu baru, karena para pelaku UMKM nya diberikan pelatihan untuk mendukung target UMKM naik kelas.

Ini merupakan bagian dari kerjasama antara kami, DKIS, Universitas Telkom dengan Chitkara University, India," demikian disampaikan Kepala DKUKMPP, Iing Daiman, Selasa (28/03).

Program "Capacity Improvement Trough Digital Business Development For Micro Small and Medium Enterprises In Cirebon City", kata Iing, dilaksanakan dalam bentuk pelatihan peningkatan kualitas UKM, mulai dari pelatihan dalam hal pemasaran digital, financial technology, entrepreneurship hingga akuntansi.

Pelatihan yang melibatkan 100 peserta, yang merupakan para pengusaha UKM binaan dari DUKMPP tersebut, diberikan langsung oleh para trainer, yang merupakan dosen-dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom, yang bekerjasama dengan Chitkara University.

"Diantara narasumber pelatihan, ada Dr. Babita Singla dan Dr. Shefali Saluja," kata Iing.

Melalui kerjasama dan kolaboriasi, yang salahsatunya diwujudkan dalam bentuk penguatan kualitas UMKM melalui pelatihan, Iing mengharapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dari para pelaku UKM binaan yang terlibat dalam melakukan pengelolaan bisnisnya, terutama dalam hal teknik pemasaran, pengelolaan keuangan, kewirausahaan dan hingga sistem akuntansi.

"Kegiatan ini juga sebagai bagian dalam meningkatkan aktivasi Mall UKM Kota Cirebon, kita ajak mereka berkunjung ke Mall UMK, dan mereka menyambut baik," imbuh Iing. (sep)

Sumber: