Pilih Tanggal Sesuai Nomor Urut untuk Daftar ke KPU

Pilih Tanggal Sesuai Nomor Urut untuk Daftar ke KPU

KPU Kota Cirebon sudah membuka pendaftaran bakal calon, beberapa parpol sudah mengkonfirmasi siap mendaftar di tanggal yang sesuai dengan nomor urut partainya. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Per tanggal 01 Mei 2023, sesuai dengan tahapan yang diatur dalam PKPU nomor 10 tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, KPU sudah membuka pendaftaran, atau untuk Pemilu kali ini, berganti nomeklatur menjadi tahapan pengajuan bakal calon oleh partai politik peserta Pemilu.

Di hari pertama, di Kota Cirebon, PKB, peserta Pemilu dengan nomor urut 1, menjadi partai pertama yang mendaftarkan para jagoannya yang akan berlaga di Pileg 2024 memperebutkan 35 kursi di DPRD.

Sementara untuk parpol lainnya, saat dikonfirmasi, tidak jauh berbeda dengan PKB, memilih momen dan tanggal khusus untuk datang ke KPU mendaftarkan para Bacalegnya.

Seperti partai NasDem, Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Cirebon, Harry Saputra Gani menyampaikan, sesuai dengan arahan dari DPP, partainya akan mendaftarkan Bacaleg ke KPU pada tanggal 5 Mei mendatang.

"Tanggal 5 Mei 2023 yah rencananya, sesuai dengan nomor urut partai NasDem, nomor 5," ungkap HSG, sapaan akrabnya, kepada Rakyat Cirebon, Selasa (02/05).

Untuk kesiapan partainya sendiri, lanjut Harry, sejak jauh-jauh hari, NasDem sudah melakukan rekrutmen dan penjaringan, sehingga pada saat daftar ke KPU nanti, full nama sesuai dengan kuota maksimal yang dipersyaratkan oleh PKPU, akan didaftarkan NasDem.

"Sudah penuh 35 nama akan kita daftarkan, partai NasDem nanti mendaftar serentak se-Indonesia," kata HSG.

Senada, Ketua DPD PKS Kota Cirebon, H Karso juga mengatakan, bahwa partainya akan mengambil momen khusus untuk mendaftarkan para Bacalegnya.

Bahkan, tak hanya tanggalnya, dikatakan H Karso, PKS akan mendaftarkan Bacalegnya, tepat di jam, yang sama dengan nomor urut partainya, yakni jam 08.00 WIB.

"Karena PKS nomor 8, kita akan daftar hari Senin, tanggal 8 Mei 2023, jam 8 pagi, serentak se-Indonesia di tanggal dan jam yang sama. PKS Kota Cirebon full akan daftarkan 35 nama," terang H Karso.

Sementara itu, untuk PDI Perjuangan, sampai saat ini, belum menentukan kapan akan datang ke KPU untuk mendaftarkan para Bacalegnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Cirebon, Fitria Pamungkaswati mengaku, saat ini masih menunggu instruksi dari DPP terkait pendaftaran pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU.

"Kalau kita masih tunggu instruksi dari DPP, apakah nanti pendaftaran Bacaleg dilaksanakan secara serentak di tanggal tertentu, atau kita di cabang bisa mendaftar sesuai kesiapan, setelah dokumen persyaratannya lengkap," ungkap Fitria.

Saat ini, kata Fitria, PDI Perjuangan di Kota Cirebon, juga masih menunggu surat rekomendasi dari DPP, dimana rekomendasi tersebut menjadi salah satu syarat untuk pengajuan Bacaleg ke KPU, yang secara fisik harus dibawa saat mendaftarkan Bacaleg.

Rekomendasi DPP yang dimaksud, adalah rekomendasi penetapan Bacaleg yang akan didaftarkan, berikut dengan.pemberian nomor urutnya, dimana di PDI Perjuangan, semua ditentukan oleh DPP, yang memiliki pertimbangan dan penilaian tersendiri.

Nama-nama Bacaleg yang resmi ditetapkan DPP akan didaftarkan PDI Perjuangan Kota Cirebon ke KPU Kota Cirebon, akan diberitahu secara langsung kepada nama masing-masing melalui SMS blast dari server resmi SMS Centre DPP PDI Perjuangan.

"Kalau kuotanya sih sudah mencukupi, bahkan over, ada sekitar 140 persen dari kuota maksimal Bacaleg di Kota Cirebon, sehingga nanti yang memutuskan siapa-siapa saja, itu yang ada dalam rekomendasi DPP yang kita tunggu," jelas Fitria.

Terpisah, Koordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Cirebon, Mardeko melihat, pemilihan tanggal yang sesuai dengan nomor urut, menjadi tren, yang dipilih parpol peserta Pemilu, untuk mendaftarkan para bakal calonnya.

Mardeko pun mengaku, di Kota Cirebon, beberapa parpol sudah memberikan konfirmasi kepada KPU, bahwa mereka akan datang mendaftar, tepat pada tanggal yang sesuai dengan.

"Memang banyak yang seperti itu, seperti NasDem, mengkonfirmasi daftar di tanggal 5, PKS juga infonya di tanggal 8 Mei (sesuai nomor urut. Red)," kata Mardeko. (sep)

Sumber: