4 Kandidat Ketua Bakal Ramaikan Konfercab IPNU Kab Cirebon

4 Kandidat Ketua Bakal Ramaikan Konfercab IPNU Kab Cirebon

Panitia Konfercab IPNU menjelaskan ada empat kandidat yang akan meramaikan bursa pencalonan ketua. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON -- Perhelatan Konferensi Cabang IPNU Kabupaten Cirebon ke XX bakal digelar pada akhir Mei 2023 mendatang. Sejumlah calon digadang-gadang bakal maju sebagai calon Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon untuk periode 2023-2025.

Ketua Panitia Konfercab IPNU Kabupaten Cirebon ke-XX Abdillah menyebut, empat kader telah mendaftar. Di antaranya, Mohamad Rofiudin, Fadlan Abdurrahman, Mohammad Ade Rifki Pasha dan Wahyu Wibisono.

"Mereka semua telah mendaftarkan diri pada 18 April lalu dan telah menyerahkan persyaratan ke kami," ujarnya.

Setelah mendaftar, para kandidat akan mengikuti pengambilan nomor urut yang direncanakan pada 6 Mei 2023.

Pria yang juga menjabat Panwascam Kecamatan Pangenan tersebut, juga menyampaikan, para calon akan mengikuti uji kelayakan dan pemaparan grand desain IPNU. Hal itu yang membedakan dengan Konfercab sebelumnya.

"Kami sepakat akan menggelar penyampaian grand desain oleh seluruh calon ketua, agar rekan-rekan di bawah bisa melihat kemampuan setiap kader," katanya.

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Dakwah IPNU Kabupaten Cirebon tersebut menjelaskan 4 kader tersebut telah memenuhi kriteria calon ketua. Seperti syarat minimum pendidikan SMA, aktif dua tahun dan telah mengikuti jenjang kaderisasi Latihan Kader Muda serta Latihan Kader Utama.

"Mereka adalah kader terbaik IPNU Kabupaten Cirebon yang juga sempat menjabat ketua PAC," tutur Abdillah.

Abdillah menjelaskan, tagline Konfercab IPNU Kabupaten Cirebon yakni "Konfercab Harmonis".  Sementara tema kegiatan Akselerasi Pelajar Menuju Cirebon Berdaya.

Ia berharap, momentum kontestasi dua tahunan tersebut, akan lancar yang dibangun secara harmonis. Tidak ada praktik money politik, transaksional, permusuhan dan intervensi kepentingan apapun.

"Kita sudah buat pakta integritas yang isinya adalah tidak boleh ada money politik. Tidak ada toleransi kalau ketahuan akan kita diskualifikasi," tegasnya.

Ketua PC IPNU Kabupaten Cirebon Ahmad Yusuf mengatakan, konfercab merupakan forum organisasi untuk menyampaikan pertanggung jawaban selama kepemimpinannya.

Menurutnya, konfercab tak hanya diartikan sebagai pergantian pucuk pimpinan. Namun juga wahana evaluasi program dan adu gagasan untuk keberlangsungan organisasi pelajar tersebut.

"Semoga lancar tanpa ekses dan semua calon bisa bersaing secara sehat," pungkasnya. (zen)

Sumber: