Mahasiswa Ekonomi UGJ Didorong Ikut Kembangkan Kualitas UMKM

Mahasiswa Ekonomi UGJ Didorong Ikut Kembangkan Kualitas UMKM

Fakultas Ekonomi UGJ Cirebon menerima bantuan puluhan mesin jahit dari Anggota DPR-RI Fraksi Demokrat, Herman Khaeron. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Anggota Komisi VI DPR-RI Fraksi Partai Demokrat, Ir H Herman Khaeron mendorong agar para mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi, agar bisa mulai terjun langsung dalam dunia ekonomi, dan itu bisa dimulai dari ikut berkontribusi dalam memperkuat sektor ekonomi kerakyatan.

Hal tersebut disampaikan Kang Hero, sapaan akrabnya, saat menjadi pembicara dalam seminar nasional Saresehan Untuk Negeri (Seruni) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon belum lama ini.

Bahkan, sebagai bentuk keseriusan Kang Hero, dalam mendorong para mahasiswa ekonomi agar bisa mulai menularkan teori-teori yang mereka pelajari di bangku perkualiahan, kepada para pelaku UMKM, atau bahkan mereka terjun langsung menjadi pelaku, ia memberikan bantuan berupa mesin jahit, untuk meningkatkan kualitas SDM pada bidang bisnis di Fakultas Ekonomi UGJ.

Dalam seminar nasional yang mengundang ribuan mahasiswa dari berbagai kampus, serta para pelaku UMKM di wilayah III Cirebon tersebut, Hero juga mengatakan, bahwa sebagai kawah candradimuka bagi para calon pebisnis muda, Fakultas Ekonomi UGJ juga harus ikut menjadi motor penggerak, sekaligus berperan aktif dalam mengembangkan sektor ekonomi kerakyatan, khususnya UMKM di wilayah III Cirebon.

"Wujud nyata dari perguruan tinggi, salahsatunya adalah memberikan ilmu kewirausahaan. Bukan hanya berupa teori, namun juga dalam pengaplikasiannya," ungkap Hero.

Bantuan mesin jahit yang ia berikan, lanjut Hero, harus menjadi sarana bagi Fakultas Ekonomi UGJ Cirebon, dalam pengaplikasikan ilmu kewirausahaan, sehingga jiwa entrepreneur para mahasiswanya sudah mulai terasah sejak dini.

"Berawal dari mesin jahit, mahasiswa Fakultas Ekonomu UGJ bisa menemukan peluang usaha, dan bahkan bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menjanjikan kedepan. Ini juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melatih UMKM di wilayah III Cirebon, mahasiswa bisa memberikan peluang kepada UMKM di Cirebon untuk mengembangkan usahanya. Saya memiliki wadah UMKM yang diberinama Mitra Sehati, yang kedepan bisa ada banyak program yang dapat disinergikan," kata Hero.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen pada Fakultas Ekonomi UGJ, Fajri Wima Maulana menangkap dan merespon positif dorongan semangat yang diberikan Kang Hero kepada para mahasiswa.

Ia pun begitu menyadari, bahwa peran mahasiswa ekonomi sangatlah penting dalam membantu upaya pemerintah, meningkatkan perekonomian bangsa.

Atas bantuan mesin jahit yang diberikan Kang Hero, dikatakan Fajri, pihaknya pun menyampaikan terima kasih, dan bantuan tersebut, akan menjadi sarana latihan bagi para mahasiswa.

Ia pun berjanji, bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan dengan baik, untuk peningkatan kualitas dan kemampuan mahasiswa di bidang ekonomi dan bisnis.

"Kami akan manfaatkan untuk kepentingan UMKM di wilayah 3 Cirebon, termasuk untuk melatih para mahasiswa disini," kata Fajri. (sep)

Sumber: