Nasrudin Azis: Mudah-mudahan Pekan Ini Mutasi Bisa Digelar Lagi

Nasrudin Azis: Mudah-mudahan Pekan Ini Mutasi Bisa Digelar Lagi

Walikota Cirebon, Nashrudin Azis saat diwawancarai mengenai rencana rotasi mutasi pejabat eselon II yang masih menunggu lampu hijau KASN. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Rotasi dan mutasi pejabat eselon II, yang bisa dilakukan sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi yang beberapa pekan lalu dilaksanakan, dan diikuti oleh 16 pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Cirebon, sampai saat ini belum ada kepastian.

Pasalnya, Pemkot belum mendapatkan lampu hijau, berupa surat rekomendasi atau izin dari KASN, sebagai jawaban dari surat yang sudah dilayangkan terkait dengan pengajuan pelantikan eselon II.

"Untuk tindaklanjut Uji Kompetensi eselon II, saya belum dapat surat dari KASN nya, kalau sudah dapat, pasti Ujikom itu hasilnya akan digelar, ya bentuknya rotasi dan mutasi," demikian disampaikan Walikota Cirebon, Nashrudin Azis saat diwawancarai Rakyat Cirebon, Senin (05/06).

Namun demikian, dijelaskan Azis, pejabat yang ikut menjadi peserta Ujikom, bukan berarti masuk kategori harus, masuk dalam gerbong mutasi dan rotasi, dimana secara pribadi, ia pun memiliki penilaian terhadap para pasukan eselon II yang ada di Kabinetnya.

"Tapi ingat ya, yang ikut Ujikom itu bukan berarti itu harus di rotasi dan mutasi. Kalau hasil Ujikomnya masih bagus, masih cocok, kata panselnya, ya akan tetap," jelas Azis.

Diakui Azis, tim pansel Uji Kompetensi yang diketuai Sekretaris Daerah, sudah menyampaikan hasil Ujikom, dan mereka pansel merekomendasikan, dari 16 pejabat eselon II, enam diantaranya, dinilai harus dirotasi.

Namun, lagi-lagi dikatakan Azis, keputusan terakhir masih ada ditangannya sebagai kepala daerah, dengan melihat dan menjadikan hasil Ujikom sebagai pertimbangan, dan penilaiannya sendiri sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

"Tim mengajukan kepada saya ada 6, nanti terakhir ya saya yang akan melihat. Jadi tim itu menyampaikan, ini pak, hasil Ujikomnya seperti ini, usulan dari tim Pansel, enam dinas ini yang di rotasi, nanti terakhirnya saya, seperti itu," kata Azis.

Ditambahkan Azis, ia pun menyebutkan sebuah klue, dimana jika program dan gagasan yang diusung oleh para pejabat eselon II, masih sejalan dengan visi misinya, maka besar kemungkinan akan masih dipertahankan di posisi yang lama.

Dan untuk Rotasi mutasi sendiri, yang saat ini masih menunggu surat dari KASN, diharapkan Azis bisa secepatnya ada jawaban, sehingga 'kabinet' Azis-Eti yang akan berakhir tahun ini bisa berjalan lebih maksimal.

"Di luar peserta Ujikom aman, iya dong, karena syarat rotasi itu harus ada Ujikom, yang tidak ikut Ujikom, ada kemungkinan karena belum satu tahun, karena syarat Ujikom itu minimalnya sudah atu tahun. Kemudian saya melihat, yang cocok dengan saya, programnya, apanya, ya sudah. Mudah-mudahan pekan ini bisa dilaksanakan (Rotasi dan Mutasi. Red)," kata Azis. (sep)

Sumber: