2 Mahasiswi ITEKES Mahardika Lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023, Satu Semester Belajar di Kampus Ini...

2 Mahasiswi ITEKES Mahardika Lolos Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2023, Satu Semester Belajar di Kampus Ini...

Dua mahasiswa ITEKES Mahardika lolos seleksi dan ikut dalam program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) Kemendikbudristek tahun 2023. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Dua orang mahasiswi pada Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKES) Mahardika lolos seleksi pertukaran mahasiswa Merdeka (PMM) tahun 2023, yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Dua mahasiswi kesehatan tersebut, nantinya akan bergabung dengan yang lain, yang juga lolos untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester, di kampus yang menjadi tujuan program PMM.

Dua mahasiswa ITEKES Mahardika yang lolos pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) tersebut adalah Atika Alfarida, dari prodi Kesmas 4A, akan mengikuti kuliah di Universitas Mulawarman Kalimantan Timur, serta Nurul Rizki Ardiyanti, dari prodi Kesmas 4B, yang akan kuliah di Universitas Halu Oleo Sulawesi Tenggara.

Kepada Rakyat Cirebon, Atika Alfarida dan Rizki Ardiyanti mengaku  senang bisa lolos seleksi, sehingga mendapat kesempatan langka untuk mengikuti pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) tahun 2023.

Keduanya bisa lolos, dari ribuan peserta yang mendaftar di ratusan Perguruan Tinggi penerima pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) 2023.

"Senang pastinya, dan dag dig dug rasanya, tidak menyangka juga sih, kami bisa lolos pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) tahun 2023 ini, program ini tentunya bisa menambah wawasan, bisa menambah teman, sekalian juga bisa jalan-jalan keluar pulau," ungkap keduanya saat ditemui Rakyat Cirebon di kampus ITEKES Mahardika, kemarin.

Diceritakan keduanya, sebelum dinyatakan lolos dan berhak mengikuti program PPM 2023, keduanya pun melakukan persiapan sekitar tiga bulan, sebelum adanya pengumuman hasil seleksi penerimaan mahasiswa merdeka (PMM) tahun 2023.

Mereka pun mengikuti serangkaian tahapan, sampai kemudian izin dari Kaprodi untuk mendaftar dan mengikuti pelatihan dan seleksi lanjutan.

Di salahsatu tahapannya, mereka pun ikut ujian tertulis dengan mengerjakan soal sebanyak 70 soal terdiri dari jenis soal kebinekaan dan VCAT.

Adapun untuk kedunya, nanti akan mengikuti kuliah di kampus yang menjadi kampus tujuan, mulai pada awal bulan Agustus dan akhir Agustus tahun 2023 mendatang, dan akan berjalan selama satu semester.

"Insya Allah kami mulai mengikuti program di bulan Agustus, di kampus tujuan masing-masing," kata keduanya.

Sementara itu, Rektor ITEKES Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani, SKM MHKes, mewakili lembaga, ikut bangga, dan menyampaikan selamat kepada dua mahasiswinya, yang telah lulus menjadi peserta pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) Tahun 2023.

"Selamat kepada dua adinda mahasiswi kita, semoga ilmu yang akan dipelajari di dua kampus yang berbeda, bisa bermanfaat bagi mereka, program ini juga bisa dijadikan sebagai ajang menambah wawasan dan lingkungan baru, selain mereka kuliah di kampus ITEKES Mahardika ini," kata Yani. (sep)

Sumber: