Kantongi Banyak Dukungan, Elektabilitas Fitriyanah Diyakini Meningkat

Kantongi Banyak Dukungan, Elektabilitas Fitriyanah Diyakini Meningkat

BANYAK DUKUNGAN. Bacaleg PDI-P, Fitriyanah SH terus mendapat dukungan dari beragam elemen masyarakat Dapil 3, khususnya Jagapura 4.FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Fitriyanah SH, bacaleg PDI-P Kabupaten Cirebon Daerah Pemilihan (Dapil) 3, terus memperoleh dukungan dari beragam elemen masyarakat. Elektabilitas perempuan yang dikenal dermawan ini pun diyakini kian meningkat.

Dukungan bagi Fitriyanah untuk melenggang ke Gedung DPRD Kabupaten Cirebon datang dari para petani, pengusaha, tokoh masyarakat, dan sesama kaum perempuan yang mayoritas berasal dari Jagapura 4, yang meliputi Desa Jagapura Kidul, Jagapura Lor, Jagapura Wetan dan Jagapura Kulon.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Jagapura Kulon, H Tarba menjelaskan, dukungan politik para petani ke Fitriyanah dilandasi keinginan agar persoalan pertanian di Jagapura 4 segera mendapat solusi. Seperti ketersediaan pupuk subsidi, air irigasi yang cukup hingga akses jalan usaha tani (JUT) yang memadai.

Tiga aspirasi itu, kata H Tarba, diyakini bakal diprioritaskan Fitriyanah andai berhasil duduk di kursi legislatif. Sebab, Fitriyanah berasal dari keluarga petani yang tiap hari merasakan keluh kesah petani terkait persoalan pertanian yang tak kunjung usai.

"Kalau dukungan petani Jagapura pasti ke Mba Fitriyanah masa ke yang lain. Karena kami tahu sendiri sosok Mba Fitriyanah ini sangat berpihak kepada para petani," kata H Tarba.

Hal senada juga disampaikan Ketua Gabungan Kelompok Tani Jagapura Lor, H Iyoh. Pria baru baya ini benar-benar mendambakan munculnya wakil rakyat yang berpihak kepada para petani. Dia menilai, karakter itu ada pada Fitriyanah yang kesehariannya lekat dengan petani.

Pengusaha Beras asal Jagapura, H Karyana menambahkan, bagusnya produksi pertanian sangat bergantung pada ketersediaan pupuk dan pengairan yang cukup. Dia pun turut prihatin dengan nasib petani yang harus berjibaku secara swadaya mendapatkan pupuk dan air.

Sebab, kelangsungan usaha penggilingan padi yang dijalankannya bergantung pada produktivitas petani. Jika produksi petani melimpah, usaha penggilang pun akan lancar. Pun sebaliknya, jika panen lesu, penggilingan padi kesulitan bahan baku.

Sebab itulah, dukungan pada Fitriyanah terus mengalir karena dapat menciptakan multi flyer effect yang besar bagi petani dan pengusaha penggilingan padi. "Karena kami pengusaha beras itu nggak bisa jalan kalau petaninya panennya gagal," tegas H Karyana.

Tokoh Pemuda asal Tegal Gubug, Slamet juga tak ragu melabuhkan dukungan politiknya ke Fitriyanah. Menurut Slamet, dengan naiknya Fitriyanah menjadi wakil rakyat berdampak pula pada pembukaan lapangan kerja bagi pemuda.

Menuru Slamet, Fitriyanah punya kapasitas menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru di Kecamatan Arjawinangun, khususnya Tegal Gubug. Mengingat, Fitriyanah terkoneksi dengan para pengusaha dan tokoh berpengaruh setempat.

"Kami berharap dengan majunya Mba Fitriyanah dapat mempererat basi kepemudaan menciptakan lapangan kerja baru di Kecamatan Arjawinangun," tegasnya.

Kuwu Jagapura Lor, Asan Santoso menyambut baik majunya Fitriyanah pada Pileg DPRD Kabupaten Cirebon 2024. Dia meyakini, Fitriyanah bakal mendapat banyak dukungan karena kiprah dan jiwa sosialnya dalam bermasyarakat berdampak positif bagi warga.

Fitriyanah aktif memfasilitasi masyarakat Jagapura 4 yang sulit mengakses layanan kependudukan, BPJS, hingga KIP. "Saya kenal dekat dengan Mba Fitriyanah. Orangnya murah senyum, dermawan dan selama ini senang membantu warga," katanya.

Mengetahui banyak dukungan mengalir, Fitriyanah pun makin optimis dengan langkahnya masuk jalur politik. Menurutnya, dengan berada di lini pemerintahan, dia bisa lebih berwenang memberikan solusi bagi persoalan masyarkat di Dapil 3, khususnya Jagapura 4.

"Saya melihat persoalan di Jagapura ini selalu berulang tiap tahunnya. Mungkin karena kita berada di wilayah paling barat Kabupaten Cirebon yang jarang disentuh kebijakan pemerintah. Saya berharap dengan saya maju dapat menyampaikan aspirasi ini agar segera ada solusi," pungkas dia. (wan)

Sumber: