Mau Coba Jalan Tol Cisumdawu, Pelajari Dulu 7 Pintu Masuk/Keluar, Ada 2 Nama Ujung Jaya

Mau Coba Jalan Tol Cisumdawu, Pelajari Dulu 7 Pintu Masuk/Keluar, Ada 2 Nama Ujung Jaya

Salah satu pintu tol Cisumdawu--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Tol Cisumdawu sudah mulai beroperasi secara fungsional sejak Rabu, 12, Juli 2023 dan sebagian belum bertarif.

Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, memiliki 7 gerbang tol di ruas sepanjang 61,6 kilometer tersebut.

Akses gerbang Jalan Tol Cisumdawu tersebut seluruhnya berada di Kabupaten Sumedang dan Bandung.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Majalengka hanya berupa simpang susun yang terkoneksi dengan Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

Menariknya, ada 2 gerbang tol dengan nama hampir mirip yakni Gerbang Tol Ujung Jaya Utama dan Gerbang Tol Ujung Jaya 2.

Berikut daftar gerbang tol yang ada di Jalan Tol Cisumdawu baik yang sudah beroperasi dan belum.

1. Gerbang Tol Jatinangor

Bila melakukan perjalanan dari Cileunyi, ini adalah gerbang tol pertama yang ditemukan. Sekaligus menjadi akses untuk perjalanan menuju Jatinangor dan sekitarnya.

2. Gerbang Tol Pamulihan

Lokasi Gerbang Tol Pamulihan berada di Km 166 untuk akses keluar ke arah Pamulihan, Tanjungsari dan Rancakalong.

Gerbang Tol Jatinangor dan Pamulihan ada di Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan memiliki panjang jalan 11,45 kilometer.

3. Gerbang Tol Sumedang Kota

Ini adalah gerbang tol keluar di Kilometer 183 untuk akses ke Sumedang Kota, Darmaraja dan Wado. Lokasinya masuk ke Seksi 2 Pamulihan - Sumedang Kota dengan rute sepanjang 17,05 km.

4. Gerbang Tol Cimalaka

Berada di ruas Seksi 3 sepanjang 4,05 kilometer menghubungkan Sumedang Kota dengan Cimalaka. Terdapat gerbang tol di Kilometer 187 yang merupakan akses menuju ke Kecamatan Cimalaka.

Sebelum dibuka secara penuh, Gerbang Tol Cimalaka menjadi akses yang dituju pengendara untuk melintas ke Tol Cisumdawu.

5. Gerbang Tol Paseh

Lokasinya berada di Seksi 4 yang memiliki panjang jalan 8,20 kilometer. Tetapi Gerbang Tol Paseh belum dioperasikan. Diperkirakan baru selesai pada akhir Juli.

Dari gerbang tol ini, nantinya pengendara bisa menuju ke Kecamatan Paseh dan Conggeang. Sampai dengan saat ini, konstruksi di bagian ini sudah hampir selesai.

6. Gerbang Tol Ujung Jaya 2

Panjang jalan di Seksi 6 Ujung Jaya hanya 6,065 kilometer termasuk dengan Junction Dawuan di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Meski pendek, tetapi Seksi 6 memiliki 2 gerbang tol yakni GTO Ujung Jaya - Cibuluh dan GTO Ujung Jaya Utama.

Akses Gerbang Tol Ujung Jaya 2 bisa menuju ke jalan alternatif Cikamurang dan Tomo. Juga ke beberapa objek wisata seperti Waduk Jatigede.

7. Gerbang Tol Ujung Jaya Utama

Lokasi gerbang tol ini berada di perbatasan Kabupaten Sumedang dan Majalengka. Sekaligus akses keluar dan masuk Tol Cisumdawu yang terhubung ke Tol Cipali.

8. Gerbang Tol Cileunyi

Ini merupakan titik akhir Tol Cisumdawu yang terhubung ke jaringan Tol Cipularang. Lokasinya berada di Kabupaten Bandung.

Demikian daftar nama gerbang tol yang ada di Tol Cisumdawu baik dari Seksi 1 sampai dengan Seksi 6, dan hanya tinggal satu lagi belum beroperasi.(*)

Sumber: