Bupati Belum Bisa Pastikan Pilwu Tahun Ini, Instruksikan DPMPD Segera Komunikasikan dengan Pusat

Bupati Belum Bisa Pastikan Pilwu Tahun Ini, Instruksikan DPMPD Segera Komunikasikan dengan Pusat

Bupati Cirebon, Imron mengaku sudah mengintruksikan DPMPD untuk ke Kemendagri menanyakan kepastian pelaksanaan Pilwu. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg belum bisa memastikan pelaksanaan Pilwu serentak tahun ini bisa digelar atau tidak. Pihaknya masih menunggu keputusan pasti dari pusat. Karena sampai sejauh ini, ketetapan pasti itu, belum didapatkannya.

Politisi PDIP itu mengaku, sudah mengintruksikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) untuk berkoordinasi dengan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), memastikan pelaksanaan Pilwu.

Karena ketidakpastian itu, akhirnya belakangan muncul desakan agar Pemda yang sebelumnya sudah mengeluarkan SK atau Perbup terkait Pilwu untuk segera mencabutnya. Menghindari konflik di kemudian hari.

"Kalau desakan dari DPRD ya kita harus menuruti. Menindaklanjuti segera," kata Imron menanggapi, desakan dari Praktisi Hukum dan Tata Negara, Iis Krisnandar.

"Tapi kalau desakannya dari perorangan, kan semua itu ada tahapannya. Makanya DPMPD harus segera bersilaturahmi ke pusat. Komunikasi. Memastikan kapan keputusannya diturunkan," lanjutnya.

Apakah Pilwu itu, lanjut Imron tetap dilaksanakan tahun ini, atau harus ditunda terlebih dulu, tahun depan. Pun demikian, ketika misalnya keputusannya ditetapkan pilwu bisa digelar tahun sekarang. "Langkah-langkahnya harus seperti apa? Pokoknya semua harus dipastikan. DPMPD harus intens berkomunikasinya," kata dia.

Menurut Imron, ketika Perbup yang telah diterbitkan tersebut harus dicabut, tentu ada tahapannya pula. "Intinya semua ada tahapan ya. Tidak serta merta. Kan ada sistem yang harus ditempuh. Tidak asalan. Makanya harus dipastikan kapan waktunya," lanjutnya.

Ia pun mengaku sudah mengintruksikan ke DPMPD untuk berkomunikasi ke pusat. "Hari ini saya delegasikan DPMPD untuk komunikasi ke pusat. Sejauh ini untuk tahapannya sih ya sesuai rencana awal. Tapi nanti, atau dipertengahan dapat jawaban dari pusat misalnya lanjut tahun sekarang, ya teruskan," tuturnya. (zen)

Sumber: