RS Sumber Hurip Cirebon Ajak Masyarakat Rajin Jalan Sehat

RS Sumber Hurip Cirebon Ajak Masyarakat Rajin Jalan Sehat

JALAN SEHAT. Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terus dilakukan RS Sumber Hurip Cirebon. Salah satunya dengan mengadakan Jalan Sehat, Jumat (18/8/2023) pagi dalam rangka peringatan HUT RI ke-78. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terus dilakukan RS Sumber Hurip Cirebon. Salah satunya dengan mengadakan Jalan Sehat, Jumat (18/8/2023) pagi, dalam rangka peringatan HUT RI ke-78.

Direktur RS Sumber Hurip, dr Ati Setyowati MM memjelaskan Jalan Sehat digelar bagi karyawan rumah sakit dan warga sekitar. Turut pula para pimpinan RS Sumber Hurip berbaur bersama peserta Jalan Sehat lain.

Rute yang ditempuh sepanjang 2 Km yakni dari RS Sumber Hurip ke Jalan Dewi Sartika, Jalan Sunan Malik Ibrahim, Jalan Sunan Drajat, kembali ke Jalan Dewi Sartika dan finis di RS Sumber Hurip.

"Pada hari ini kita mengadakan Jalan Sehat dalam memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-78 dengan peserta dari berbagai masyarakat dan karyawan dengan rute sekitar area rumah sakit, kurang lebih 2 Km," ujar dr Ati.

Peserta Jalan Sehat tidak dikenakan biaya tiket. Asal mendaftar dan mengikuti Jalan Sehat dari start sampai finish, mereka berhak mendapat kupon undian dengan hadiah utama kulkas, mesin cuci, rice cooker dan lainnya.

"Kemudian kita juga menyediakan doorprize. Jalan santai ini kita adakan gratis, tanpa dipungut biaya sebagai bentuk partisipasi kita merayakan ulang tahun kemerdekaan bersama masyarakat," tambah dr Ati.

Dijelaskan dr Ati, Jalan Sehat merupakan aktivitas olah raga paling ringan. Namun jika dilakukan sering dan rutin bakal berdampak baik bagi kesehatan. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat tidak malas berjalan kaki.

"Karena kita ingin mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Karena jalan santai ini sehat, ringan, tidak berat. Tapi kalau dilakukan rutin sebenarnya itu akan sangat berpengaruh di kesehatan di  masing-masing kita," tambahya.

Melalui Jalan Sehat, RS Sumber Hurip Cirebon juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan cara mudah. Hal itu bagian dari tanggung jawab moral RS Sumber Hurip Cirebon sebagai tempat layanan kesehatan.

"Jadi kita ingin rumah sakit juga sebagai pusat pelayanan meningkatkan derajat kesehatan salah satunya dengan promotif dan preventif yaitu dengan mengadakan Jalan Sehat," katanya.

Di samping itu, dengan melibatkan masyarakat, Jalan Sehat diharapkan jadi momen untuk mendekatkan RS Sumber Hurip Cirebon dengan masyarakat sekitar. Terlebih yang telah mempercayakan layanan kesehatannya kepada RS Sumber Hurip Cirebon.

"Sama kita juga ingin lebih mendekatkan rumah sakit dengan masyarakat supaya lebih dekat dan juga masyarakat mempercayakan perawatan kesehatannya kepada kami," pungkas dr Ati. (wan)

Sumber: