Penting Diketahui! Bacaan Doa Sebelum Salam Ketika Shalat dan Keutamaannya

Penting Diketahui! Bacaan Doa Sebelum Salam Ketika Shalat dan Keutamaannya

--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID - Doa adalah kegiatan meminta sesuatu dari Allah tehadap sesuatu hal. Dalam ajaran Islam, doa adalah bagian dasar dari ibadah. Tujuan dari seorang muslim ketika berdoa adalah untuk memohon dengan sepenuh hati kepada Allah SWT, mengharapkan kebaikan-Nya, agar Allah mengabulkan sesuatu yang kita kehendaki.


Allah SWT berfirman dalam surat Al-Ghafir ayat 60, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Allah menegaskan dalam ayat ini, memerintahkan manusia agar berdoa kepada-Nya, niscaya doa tersebut akan diperkenankan oleh-Nya. Ayat ini juga merupakan sebuah jaminan dari Allah untuk umat-Nya yang beriman agar mereka mendapatkan kebaikan dan kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Doa sebelum salam adalah salah satu bacaan yang dilakukan ketika shalat. Shalat adalah ibadah yang sifatnya fardu ain bagi seorang muslim yang sudah baligh. Setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan shalat selama ia masih hidup di dunia ini.

Menurut para Ulama, hukum membaca doa sebelum salam adalah sunnah. Tetapi, ada banyak keutamaan yang didapatkan jika kamu mengamalkannya. Keutamaan dari membaca doa sebelum salam ketika shalat adalah :

BACA JUGA:Kemenag RI Serap Aspirasi di Ponpes Jagasatru Cirebon, akan Jadi Bahan Evaluasi dalam Dunia Dakwah


1.    Terlindungi dari siksaan neraka jahannam
2.    Terlindung darin adzab kubur
3.    Terlindung dari fitnah dunia dan kematian
4.    Terlindung dari keburukan fitnah dajjal


Bacaan Doa Sebelum Salam Saat Shalat :


“Allaahumma inni a uudzubika min adzaabil qabri wa min adzabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamati wa min fitnatil masiihid ddajjaal.”

Artinya : “Ya Allah aku berlindung hanya kepada-Mu” dari siksaan neraka Jahannam, dari adzab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal.” (HR. Al-Bukhori).

BACA JUGA:MEMPESONA, Keindahan Alam Bandung 2023 Menghipnotis Wisatawan Mancanegara

Nabi Muhammad selalu menganjurkan kepada umatnya untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar selamat dari hal-hal yang menyesatkan. Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, adzab neraka Jahannam, adzab kubur, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.” (HR. Abu Hurairah).

Sumber: