Nyeri Karena Sakit Gigi? Ini Obat yang Alami, No 4 Banyak di Pekarangan Tetangga, Dijamin Langsung Sembuh!

Nyeri Karena Sakit Gigi? Ini Obat yang Alami,  No 4 Banyak di Pekarangan Tetangga, Dijamin Langsung Sembuh!

Obat sakit gigi alami dengan bahan yang ada di dapur.-RakyatCirebon-Foto by google

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sakit gigi bukanlah masalah kesehatan yang sepele karena dapat mengganggu aktivitas akibat nyeri. 

 

Jika tidak segera diobati, sakit gigi akan semakin parah hingga membuat sulit makan dan minum. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter sesegera mungkin.

 

Namun, jika anda tidak sempat memeriksakan kondisi anda, sebenarnya ada sejumlah bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan nyeri. 

 

Lalu apa saja bahan alami tersebut dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, cari tahu informasinya di sini!  

 

1. Lemon

Jus lemon tidak hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh. Keasaman buah ini dinilai cukup efektif mengobati sakit gigi. Lemon kaya akan sifat antiseptik dan antibakteri. 

 

BACA JUGA:RS Sumber Hurip Cirebon Ajak Masyarakat Rajin Jalan Sehat

 

Caranya peras lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang sakit. Anda juga bisa mencampurkan perasan lemon dengan air menggunakan kapas dan mengoleskannya pada gigi yang sakit.

 

2. Berkumur dengan air garam

Cara ini sendiri cukup klasik namun cukup efektif untuk beberapa kasus sakit gigi. Cara menyembuhkan sakit gigi dengan air garam cukup sederhana. 

 

Pertama, larutkan satu sendok teh garam ke dalam air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum mengeluarkan air dari mulut Anda. Hati-hati, jangan menelan air.

 

Berkumur dengan air garam dapat membersihkan area sekitar gigi dan mengeluarkan cairan penyebab pembengkakan. Menariknya, air garam juga mampu membersihkan sisa-sisa makanan di sekitar gigi. 

 

3. Cuka Apel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi. Bagaimana itu? Cuka apel mengandung senyawa antibakteri dan antimikroba yang efektif meredakan sakit gigi. 

 

Caranya juga sederhana, gunakan cuka apel dan berkumurlah minimal 30 detik. 

BACA JUGA:Digitalisasi BPJS Kesehatan, Akses Layanan Cukup Pakai NIK

 

4. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki efek analgesik, anti radang dan antibakteri. Cara menggunakannya, kunyah 1 atau 2 lembar daun jambu biji yang bersih hingga mengeluarkan ekstraknya.

 

Kemudian gunakan lidah anda untuk mengoleskan ekstrak daun ke gigi yang sakit. Selain itu, anda juga bisa merebus 5 lembar daun jambu biji.

 

Setelah mendidih, diamkan rebusan tersebut hingga suhunya hangat, lalu tambahkan sedikit garam. Kemudian gunakan rebusan tersebut untuk berkumur.

 

5. Minyak Cengkih

Cengkih telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India selama berabad-abad. 

 

Minyak cengkeh atau cengkeh mempunyai sifat pereda nyeri dan antibakteri alami. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang bertindak sebagai obat bius alami untuk mematikan saraf.

 

BACA JUGA:Memastikan Orang Dengan HIV Mendapat Layanan Kesehatan yang Ramah

 

Hal yang perlu diingat, hati-hati saat menggunakan minyak cengkeh. Karena ketika tetes minyak ini menyentuh lidah atau gusi yang sensitif, dapat menyebabkan rasa sakit. 

 

Alternatifnya, anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi minyak cengkeh dan mengoleskannya pada gigi yang sakit. 

 

6. Kompres es batu

Obat rumahan untuk sakit gigi juga bisa menggunakan es. Cara ini cukup sederhana. Masukkan es ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. 

 

Kemudian oleskan kompresan es ke gigi yang sakit. Rasa dingin dari lapisan es ini bisa "mematikan” saraf gigi yang sakit. Selain mengoleskan es, kita juga bisa menggunakan jari untuk memijat area gigi yang sakit.

 

7. Teh

Teh peppermint juga bisa membantu mengatasi sakit gigi. Coba rebus daun teh hingga mendidih. Setelah dingin, berkumur dengan air ini. 

 

BACA JUGA:Rekomendasi Tempat Nongkrong di Kota Cirebon, yang Asik dan Harga Terjangkau!

 

Obat kumur bisa ditelan atau dibuang. 

Teh mint mengandung tanin yang membantu menenangkan sakit gigi dan mengurangi pembengkakan.

 

Penting untuk ditekankan bahwa beberapa bahan alami ini masih perlu dipelajari lebih lanjut untuk memastikan manfaatnya bagi kesehatan gigi.

 

Tips Mencegah Sakit Gigi

 

Melansir dari Cleveland Clinic, sebagian besar sakit gigi disebabkan oleh kerusakan gigi. Oleh karena itu, menjaga kebersihan mulut dapat dilakukan untuk mencegah sakit gigi. 

 

Nah, berikut  beberapa tips yang bisa Anda terapkan, antara lain:

 

- Sikat gigi anda secara teratur dengan pasta gigi berfluoride.

- Sikat gigi 2-3 kali sehari, jangan berlebihan.

- Periksa gigi anda 2 kali setahun untuk pembersihan menyeluruh. 

 

Nah itulah beberapa cara dan tips mencegah sakit gigi. Sebaiknya jika gigi kamu tak kunjung reda jangan dibiarkan lama lama dan segeralah berobat ke dokter. (*)

BACA JUGA:Hari Kesehatan Nasional 2022 : Bio Farma Apresiasi Kunjungan 250 Tenaga Kesehatan Teladan

Sumber: halodoc.com