Belanja Sekarang Bayar Nanti, Apa Itu PayLater, Bagaimana Cara Kerjanya? Cek Kebutuhan Kamu Ikuti Tipsnya

Belanja Sekarang Bayar Nanti, Apa Itu PayLater, Bagaimana Cara Kerjanya? Cek Kebutuhan Kamu Ikuti Tipsnya

Ilustrasi--

RAKYATCIREBON.ID-Sejak maraknya tren belanja online melalui marketplace, layanan paylater menjadi kian populer di kalangan masyarakat. 

Paylater digemari oleh banyak orang karena dinilai praktis. Cara kerja Paylater sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kartu kredit, yaitu sama-sama menggunakan skema cicilan. 

Layanan paylater telah hadir di beberapa dompet digital seperti ShopeePay, GoPay, OVO, dan lainnya. Hal ini tentunya semakin mempermudah konsumen yang ingin menggunakan paylater.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan paylater?

Pengertian paylater

Sesuai dengan namanya, konsep paylater secara sederhana dapat diartikan sebagai “belanja sekarang, bayar nanti”. 

Mengutip Investopedia, buy now pay later (BNPL) atau paylater adalah bentuk pembiayaan jangka pendek yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dan membayarnya dari waktu ke waktu, biasanya tanpa bunga. 

Layanan paylater dapat digunakan untuk berbagai keperluan pembayaran seperti belanja online, membeli tiket pesawat, memesan kamar hotel, dan lain-lain. 

Tak hanya itu, paylater juga bisa digunakan untuk membeli pulsa dan paket data. 

Cara kerja paylater 

Prinsip paylater sebenarnya sama saja dengan cicilan. Untuk dapat menggunakan layanan paylater, kamu perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. 

Cara melakukan aktivasi mungkin akan sedikit berbeda di setiap platform. Namun, umumnya kamu akan diminta untuk melakukan proses verifikasi, mengisi data diri, dan mengunggah foto KTP serta dokumen lainnya yang diperlukan. 

Jika seluruh proses verifikasi telah selesai, kamu tinggal menunggu persetujuan dari pihak penyelenggara layanan paylater. 

Setelah permintaanmu disetujui, kamu bisa mulai menggunakan paylater untuk berbagai transaksi. 

Sumber: