Ternyata Mudah, Menanam Pakcoy Di Tanah Begini Caranya

Ternyata Mudah, Menanam Pakcoy Di Tanah Begini Caranya

POKCOY-ist-rakyacirebon.id

Cara menanam pakcoy di tanah pada dasarnya lebih mudah dibandingkan menggunakan media tanam lainnya. Meski dikenal lebih mudah, namun langkahnya tetap harus tepat.
Sayuran hijau ada banyak sekali macamnya di Indonesia. Seperti bayam, selada air, kangkung, dan sawi. Saat ini pakcoy sudah menjadi sayuran hijau yang  disukai banyak orang.
Maka tak heran jika kini banyak petani sayur yang beralih menanam pakcoy. salah satu media tanam pakcoy yang sering kali dipilih adalah tanah. Selain memang mudah, sayuran ini juga bisa tumbuh dengan cepat. Dengan begitu,waktu panen bisa lebih cepat.
BACA JUGA:Cara Menanam Pakcoy Menggunakan Pot Atau Polybag Paling Mudah
Pakcoy ini memiliki beberapa jenis yaitu ada pakcoy merah, hijau, putih, dan baby pakcoy. Sayuran hijau ini juga mengandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Sayuran pakcoy ini mengandung vitamin K, A, C, E, kalsium, protein, mangan, asam  folat dan nutrisi lainnya. Tak hanya itu, sayuran ini juga mengandung serat pangan dan asam amino triftopan.
Makanya anda wajib tahu cara menanam pakcoy di tanah. Sehingga dapat hidangkan  kepada anggota keluarga setiap hari sebagai olahan pangan sehari-hari.
BACA JUGA:Cara Mudah Menanam Pakcoy di Tanah, Anti Gagal
Pakcoy juga dikenal dengan sayuran hijau yang mudah dan cepat untuk di panen. Sayuran ini selain banyak yang suka, penanamannya pun cukup mudah. Apalagi jika menerapkan cara menanam pakcoy di tanah. Waktu panen pun lebih singkat, dapat dipanen dalam waktu sekitar 30 hingga 45 hari.
Cara Menanam Pakcoy Menggunakan Media Tanah Sebelum menjelaskan cara menanam pakcoy di tanah, anda harus mempelajari terlebih dahulu cara menanam bibit. Berikut cara penyamaian benih pakcoy : 1. Siapkan bibit pakcoy, media tanam, sprayer, dan tempat penyamaian. 2. Menabur bibit pakcoy, wadah penyamaian khusus atau nampan penyamaian digunakan. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pot, polybag, atau wadah jenis lainnya. 3. Untuk media tanam sebaiknya menggunakan media selain tanah.
Contohnya, termasuk sekam bakar, kompos, atau sabut kelapa. Jika anda menggunakan tanah, usahakan menggunakan tanah yang gembur dan subur dengan campuran pupuk kandang. 4. Gunakan ujung jari untuk membuat lubang pada media tanam pada wadah penyampaian.
Kemudian masukkan dua biji ke dalam setiap lubang. Tutupi lubang dengan media tanam lalu kubur dan usahakan untuk tidak menekannya. 5. Siram secara rutin denga sprayer setiap pagi dan sore.
Usahakan untuk menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari lansung. Anda bisa menunggu sekitar dua minggu hingga tanaman tumbuh dan menghasilkan 4 hingga 5 helai daun. 6. Segeralah pindahkan pakcoy ke media tanam yaitu ke tanah. BACA JUGA:Cara Mudah Menanam Pakcoy di Pot, Anti Gagal

Cara Pemindahan Pakcoy Ke Tanah 1. Pemindahan bibit pakcoy dapat dilakukan setelah bibit berumur 2 minggu. Setelah itu, biasanya 4-5 helai daun akan tumbuh. 2. Gali lubang tanam berukuran 4x6 cm pada tanah. 3. Keluarkan biji dan akar pakcoy dengan hati-hati. Tanam pada lubang yang telah tadi dibuat. 4. Padatkan tanah pada akar bibit, tujuannya agar bibit bisa menempel pada tanah. 5. Penanaman pakcoy sebaiknya dilakukan pada sore hari agar tidak layu di bawah sinar matahari. BACA JUGA:Resep Masakan Pakcoy dengan Saus Tiram yang Menggugah Selera
Demikianlah pembahasan mengenai cara menanam pakcoy di tanah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber: