Politisi PKB Kota Cirebon Dukung Pemuda Ikut Kembangkan Potensi Wisata Daerah

Politisi PKB Kota Cirebon Dukung Pemuda Ikut Kembangkan Potensi Wisata Daerah

Politisi muda PKB, yang juga anggota DPRD Kota Cirebon, Ahmad Syauqi. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH --

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Politisi muda PKB, yang juga anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon, Ahmad Syauqi SSy MH mendukung aspirasi anak-anak muda di Kota Cirebon, yang menyampaikan keinginan untuk membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Hal tersebut menjadi salahsatu aspirasi yang disampaikan para pemuda kepada Syauqi, saat ia menggelar kegiatan reses masa persidangan III di Kelurahan Karyamulya, Kesambi, akhir pekan lalu.

Menurut Syauqi, keinginan anak-anak muda yang didominasi generasi Z tersebut, patut diapresiasi, karena mereka memiliki keiginan untuk berpartisipasi membangun kesadaran wisata, dan keinginan itu perlu diakomodir pemerintah daerah.

Yang sudah berjalan, Syauqi pun mengapresiasi Pokdarwis Pangeran Pulasaren, yang sudah berkolaborasi dengan pemerintah daerah atas pencanangan Kampung Seni dan Budaya Kacirebonan.

Peran tersebut merupakan bukti nyata, kolaborasi antara Pokdarwis dan Pemkot dalam pengembangan pariwisata berbasis budaya.

"Keinginan anak-anak muda untuk terlibat partisipasi memajukan wisata daerah dengan cara membentuk Pokdarwis ini patut diapresiasi dan diafirmasi. Sebab, masa depan kemajuan wisata Kota Cirebon bergantung pada anak-anak muda," ungkap Syauqi.

Syauqi mengatakan, partisipasi anak muda dalam pengembangan potensi wisata daerah, merupakan investasi jangka panjang yang harus ditindaklanjuti oleh Pemkot.

Terlebih lagi, budaya tourisme membutuhkan inovasi dan adaptasi seiring perkembangan zaman, dan anak-anak muda memiliki kemampuan adaptasi tersebut.

Salah satu adaptasi dan inovasi yang dibutuhkan adalah mengharuskan pengelolaan wisata keraton sudah berbasis digital, dan tidak bisa lagi dikelola secara konvensional.

Mulai dari pemesanan tiket, transaksi produk, promosi, katalog destinasi wisata, kalender wisata, semua harus sudah tersedia dalam layanan digital.

"Tujuan Pokdarwis ini yaitu mengembangkan atau meningkatkan pergerakan pariwisata di Kota Cirebon, maka peran anak muda sangat perlu dilibatkan, perlu cara pandang baru berwisata di era sekarang dan masa depan,” kata Syauqi.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kelurahan Pulasaren, Elang Iyan Ariffudin menambahkan, Keraton Kacirebonan siap menjadi Kampung Wisata.

Karena itu, pihaknya bersama komunitas Pokdarwis mencanangkan beberapa program, salahsatunya melakukan bersih-bersih lingkungan keraton sebagai salah satu dari tujuh nilai dalam Sapta Pesona.

"Ada potensi wisata seni dan budaya di Kampung Wisata Kacirebonan ini. Wisatawan akan dikenalkan situs-situs yang ada di sekitar Keraton Kacirebonan, itu salahsatu daya tariknya," kata Elang Iyan. (sep)

Sumber: