Kontribusi Positif, Forum Pemuda Kota Cirebon Kembangkan Potensi Diri

Kontribusi Positif, Forum Pemuda Kota Cirebon Kembangkan Potensi Diri

--

RAKYATCIREBON.ID-Pembangunan pemuda merupakan salah satu kunci sukses memanfaatkan bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada 2025-2030.

Jumlah pemuda berusia 16-30 tahun yang sebanyak 64,19 juta atau sekitar 24 persen jumlah penduduk merupakan peluang sekaligus tantangan. Demikian pernyataan Pembina Forum Pemuda Kota Cirebon Heru Subagia, Sabtu (28/10).

"Pemuda merupakan bagian penting dari masyarakat Indonesia. Mereka berperan dalam membentuk masa depan bangsa. Oleh karena itu, pemuda perlu terlibat dalam berbagai komunitas untuk mengembangkan potensi diri dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat," ungkapnya, saat menghadiri ulang tahun I Forum Pemuda Kota Cirebon.

Senada, Sultan Keraton Kacirebonan ke X Pangeran Sultan Abdul Gani Natadiningrat memberikan sambutan bahwa komunitas kepemudaan memiliki peran penting dalam mempercepat perubahan sosial dan mendukung tumbuh kembang masyarakat.

"Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan tentang sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan melalui Sumpah Pemuda. Karena itu, generasi muda didorong memiliki semangat positif dan pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang semakin baik," sambut Sultan Keraton Kacirebonan ke X Pangeran Sultan Abdul Gani Natadiningrat.

Menurutnya, pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang.

Pemuda pada masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia.

Dalam membangun semangat para pemuda memperjuangkan pembangunan peradaban yang berlandaskan nilai luhur dan budaya bangsa.

Abdul Gani menekankan forum pemuda Kota Cirebon akan terus berjuang menyebarluaskan kebudayaan Cirebon sampai ke dunia internasional.

"Kita sebagai pemuda butuh arahan dan bimbingan dari para sesepuh. Semoga kita pemuda dapat mewujudkan arahan dan bimbingan para sesepuh," ujar Ketua Forum Pemuda Kota Cirebon, Rachadian.

Diketahui, Forum Pemuda Kota Cirebon ini beranggotakan 68 orang yang tersebar di wilayah Kota Cirebon.

Hari jadi Forum Pemuda Kota Cirebon yang bertepatan dengan tanggal Sumpah Pemuda, 28 Oktober dan milad Sultan Keraton Kacirebonan ke X Pangeran Sultan Abdul Gani Natadiningrat. (*)

 

Sumber: