Di Lemahwungkuk, Ada Satu RW dengan 7 Caleg, Bawaslu Ansitipasi Kerawanannya

Di Lemahwungkuk, Ada Satu RW dengan 7 Caleg, Bawaslu Ansitipasi Kerawanannya

Ketua Panwascam Lemahwungkuk, Rahmat Sapi'i mengungkapkan strategi untuk antisipasi adanya 7 Caleg yang berasal dari satu RW di wilayah pengawasannya. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/ RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sebagai salahsatu daerah dengan luas wilayah yang tidak terlalu besar, kerawanan Pemilu di Kota Cirebon menjadi sangat kompleks.

Terlebih di wilayah yang padat, sekaligus masuk di wilayah pesisir, seperti di Kecamatan Lemahwungkuk.

Ketua Panwascam Lemahwungkuk, Rahmat Sapi'i mengungkapkan, salahsatu kerawanan yang muncul dari hasil pemetaan yang dilakukan, di wilayah kecamatan Lemahwungkuk, ada satu RW di Kelurahan Kasepuhan, yang mana di RW tersebut, ada 7 orang calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Kota Cirebon dari pertai berbeda.

"Ada satu RW, yang calegnya ada 7, yaitu di RW 02 Mandalangan, Kasepuhan, dan itu salahsatu kerawanan yang kita fokus kesana, untuk antisipasi kerawanan disana," ungkap Rahmat.

Salahsatu antisipasi yang dilakulan di wilayah RW tersebut, lanjut Rahmat, pihaknya mengoptimalkan struktur PKD yang ada, agar memberikan pengawasan khusus disana, terlebih saat masa kampanye kali ini.

"Optimalisasi tenaga PKD yang ada, setiap malam, kita minta roling ke RW-RW," lanjut Rahmat.

Selain mengawasi jadwal sosialisasi atau kampanye, agar ketujuh caleg dari satu RW tidak saling bersinggungan, dijelaskan Rahmat, Panwascam juga memberikan penekanan kepada PPK agar penempatan TPS untuk RW tersebut bisa diatur sedemikian mungkin, untuk menghindari potensi terjadinya gesekan.

"Termasuk titik lokasi TPS, kami minta agar ditempatkan di lokasi yang netral, tidak berdekatan dengan rumah salahsatu caleg," jelas Rahmat.

Selama tahap pemilu, khususnya masa kampanye ini, kata Rahmat, Panwascam juga terus berkoordinasi, dan meminta kepada unsur pemerintahan di masyarakat, mulai dari kecamatan, kelurahan, hingga RT dan RW, untuk aktif memberikan update situasi terkini perpolitikan di lingkungannya.

"Kita minta kepada semua RW, agar aktif memberikan informasi jika di wilayahnya akan ada agenda kampanye. Kita juga koordinasi dengan camat lurah," ujar Rahmat.

Dengan sudah dilakukannya antisipasi-antisipasi dari berbagai kerawanan Pemilu di Kecamatan Lemahwungkuk yang sudah dipetakan, diharapkan Rahmat, sisa tahapan Pemilu yang akan berjalan bisa lancar sampai Pemilu berakhir.

"Mudah-mudahan Pemilu kali ini berjalan dengan aman dan damai. Sosialisasi terus kita lakukan dengan mengundang semua unsur. Sebetulnya, kita juga khawatir karena cuaca, karena musim hujan, semua wilayah kita rawan banjir, termasuk saat penyaluran logistik, tapi mudah-mudahan semua aman," imbuh Rahmat yang didampingi dua anggotanya, Mohamad Nuril dan Ryan Triyadi Saputra. (sep)

Sumber: