Eti Herawati Cetak Sejarah, Jadi Walikota Cirebon Perempuan Pertama Meskipun Tidak Sampai Seminggu

Eti Herawati Cetak Sejarah, Jadi Walikota Cirebon Perempuan Pertama Meskipun Tidak Sampai Seminggu

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin melantik Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati untuk sisa masa jabatan 2018-2023 di Gedung Sate, Rabu (06/12).--

RAKTATCIREBON.ID, CIREBON - Setelah kurang lebih satu bulan ditunjuk Mendagri menjadi Pelaksana Tugas (Plt), Hj Eti Herawati resmi dilantik sebagai Walikota Cirebon sisa masa Jabatan 2018-2023.

Dengan dihadiri oleh Forkopimda serta para kepala Perangkat Daerah, Eti dilantik langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin di Gedung Sate, Bandung, Rabu (06/12) pagi.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Cirebon tersebit dilantik sebagai Walikota, melanjutkan kepemimpinan Nashrudin Azis, yang didampinginya sebagai Wakil, setelah Azis ditetapkan masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR-RI pada Pemilu 2024.

Meskipun Eti dilantik persis hanya sekitar empat hari menjelang Akhir Masa Jabatan (AMJ) Walikota dan Wakil Walikota Periode 2018-2023, namun, dilantiknya Eti sebagai Walikota definitif mencetak sejarah baru di Kota Cirebon.

Pasalnya, sepanjang Kotamadya Cirebon berdiri, yang menurut usia Hari Jadi yang diperingati pada tahun 2023 ini, sudah sampai di usia 654 tahun, baru kali ini Kota Udang dipimpin seorang Srikandi.

"Saya bersyukur akhirnya Eti Herawati sudah menciptakan sejarah sebagai walikota perempuan pertama di Kota Cirebon. Ini sekaligus menepis jika ada pihak yang meragukan seorang perempuan bisa menjadi pemimpin di Cirebon," demikian disampaikan M Noupel SH MH, Sekretaris Fraksi NasDem DPRD Kota Cirebon yang juga ikut menghadiri pelantikan di Bandung.

Di pemerintahan, meskipun sebelumnya tidak menjadi pemuncak, Eti sudah berpengalaman dengan menjadi Wakil Ketua DPRD, serta Wakil Walikota Cirebon.

Terlebih di luar pemerintahan, Eti pun merupakan pemegang kendali DPD NasDem Kota Cirebon.

"Sebelumnya bu Eti pernah menjadi wakil ketua DPRD dan wakil walikota, kita juga bisa melihat kiprahnya di berbagai bidang," jelas Noupel.

Maka, di sisa masa jabatan ini, Noupel pun yakin, pengalaman Eti di pemerintahan akan bisa memberikan warna, meskipun tidak akan terlihat signifikan, karena melihat sisa waktu menjelang AMJ yang hanya tinggal beberapa hari saja.

"Mungkin jabatan beberapa hari ini tidak bisa maksimal untuk memberikan kontribusi, tapi setidaknya bisa menambal kekurangan yang ada, sambil mempersiapkan gebrakan di tahun depan, jika Insya Allah terpilih kembali sebagai Walikota di Pilkada 2024," kata Noupel yang juga Ketua Bappilu NasDem Kota Cirebon tersebut.

Sementara itu, usai dilantik, Walikota Cirebon, Hj Eti Herawati menyampaikan rasa syukurnya karena saat ini menjadi Walikota Cirebon definitif.

Eti pun memohon doa, agar dirinya bisa melanjutkan program yang sudah berjalan, bekerja dengan baik dan amanah di sisa waktu yang ada. 

"Insyaallah di sisa periode ini, akan kita maksimalkan sebaik mungkin, sesuai arahan dari Bapak Pj Gubernur juga akan segera ditindaklanjuti," ungkap Eti.

Sumber: