Logistik Surat Suara Tiba di Cirebon, Ini Jumlah untuk Dapil I Kejaksan-Pekalipan

Logistik Surat Suara Tiba di Cirebon, Ini Jumlah untuk Dapil I Kejaksan-Pekalipan

Pasukan Panwascam Kejaksan saat diwawancarai mengenai hasil pengawasan melekat kedatangam logistik surat suara DPRD Kota Cirebon, Selasa (12/12).--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Logistik Pemilu sebagian besar sudah tiba di Kota Cirebon, terakhir, logistik yang tiba adalah surat suara, yang mana saat ini sudah tersimpan di gudang KPU.

Logistik surat suara sudah datang di Kota Cirebon tanggal 7 Desember lalu, dan kedatangannya mendapatkan pengawalan ketat kepolisian, serta pengawasan melekat dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Panwascam Kejaksan, ikut mengawal dan mengawasi kedatangan surat suara, dimana para komisionernya melekat melakukan pengawasan.

Ketua Panwascam Kejaksan, Subagio mengungkapkan, pengawasan oleh Panwascam Kejaksan dilakukan, untuk memastikan bahwa surat suara untuk Dapil I yang meliputi Kecamatan Kejaksan dan Pekalipan yang tiba, sesuai dengan kebutuhan di dapil tersebut.

"Sesuai dengan interuksi Bawaslu, kita turun melakukan pengawasan kedatangan logistik Pemilu," ungkap Subagio, didampingi dua anggotanya, Tuty Syarifah Syahputri dan M Anis Sulfata.

Disebutkan Subagio, kebutuhan surat suara untuk Dapil I Kejaksan-Pekalipan sendiri, adalah sejumlah DPT, ditambah dua persen sebagai cadangan.

DPT di dapil tersebut sendiri ada 60.936, ditambah cadangan PSU sebanyak 1000 surat suara.

"Total box untuk Dapil I, itu 124 box, dengan rincian, 123 box isi 500, dan satu box berisi 436 surat suara, jadi total 61.936 surat suara," jelas Subagio.

Sementara itu, untuk kebutuhan di Kecamatan Kejaksan sendiri, ditambahkan Subagio, jumlah DPT sebanyak 36.167 ditambah surat suara untuk cadangan.

"Untuk di Kecamatan Kejaksan sendiri, yang harus didistiribusikan ke 147 TPS nanti, sebanyak 36.167, ditambah dua persen cadangan," kata Subagio.

Dari hasil pengawasan melekat yang dilakukan, ditambahkan Subagio, surat suara DPRD Kota Cirebon, diketahui, dicetak oleh PT Gramedia Site Bawen, yang dikirim menggunakan jasa ekspedisi dari Jakarta.

"Saat datang, kita pastikan logistik surat suara, jumlahnya sesuai kebutuhan, ada di tempat yang aman, dan dijaga ketat," imbuh Subagio.

Terpisah, Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengatakan, bahwa sampai saat ini, surat suara yang datang baru satu jenis, yakni surat suara untuk Pemilu Legislatif Kota Cirebon berwarna hijau.

"Yang sudah datang baru surat suara DPRD Kota Cirebon mas, tanggal 7 kemaren," kata Mardeko.

Sumber: